Mengenal Minyak Kemiri yang Punya Banyak Manfaat

Dipublikasikan oleh admin pada 29 Aug 2021

Buah kemiri dari pohon Aleurites moluccana | sumber foto: wikimedia.org

Minyak kemiri didapatkan dari biji kemiri yang berasal dari pohon Aleurites moluccana L Willd, jenis ini merupakan asli Indo-Malaysia, pohon Kemiri tergolong pohon berukuran sedang dengan
tajuk lebar yang tingginya bisa mencapai 20 m. Pohon ini bisa tumbuh di berbagai jenis tanah, mulai dari tanah lempung merah, liat berbatu, pasir dan batu kapur.

Di Indonesia sendiri kemiri tersebar di seluruh wilayah kepulauan. Menurut sensus pertanian tahun 2003, seperti yang dilaporkan oleh Departemen Kehutanan dan Badan Statistika Nasional (2004), provinsi dengan jumlah tanaman kemiri rakyat terbesar adalah Nusa Tenggara Timur dan Sumatera Utara. Di Hawai ribuan tahun yang lalu masyarakat setempat telah banyak menggunakan minyak ini dalam upacara keanekaragaman, dan pembuatan lilin.

Manfaat yang diperoleh dari minyak kemiri karena kandungan lemak tidak jenuhnya yang tinggi, ditambah linoleat dan linolenat, serta vitamin C, D, E dan antioksidan kuat lainnya. Dikutip dari organic fact terdapat beberapa manfaat minyak kemiri diantaranya:

Meningkatkan kekuatan rambut

Asam lemak linoleat dan linolenat yang ditemukan dalam minyak ini mampu melapisi rambut, memberikan nutrisi penting, melembabkannya, mencegah kerusakan, serta memperbaiki penampilan dengan membuat rambut lebih berkilau.

Mencegah ketombe

Minyak kemiri mampu melapisi kulit dan mengunci kelembapan, sehingga mencegah kulit kering dan ketombe yang pasti mengikutinya. Kualitas minyak pelembab ini juga membantu menjaga folikel rambut sehat yang dapat membantu mencegah kerontokan rambut prematur.

Melembabkan kulit kering

Mengoleskan minyak kemiri dapat mencegah kerusakan kulit, dan mendorong pertumbuhan sel-sel baru.

Menyembuhkan luka

Jika Sahabat Hutan terkena goresan, memar dan luka, dapat dicoba dengan mengoleskan minyak kemiri pada bagian luka, pengolesan ini berfungsi dalam penyembuhan luka, mengurangi rasa sakit dan menghilangkan pembengkakan dan mencegah infeksi yang lebih lanjut.

Meminimalisir timbulnya keriput

Minyak kemiri yang kaya antioksidan mampu mengatasi masalah kulit berupa keriput, karena meningkatkan produksi kolagen pada kulit, selian itu minyak kemiri juga merangsang peluruhan sel kulit mati untuk memberikan ruang bagi sel-sel kulit baru yang lebih sehat.

Menurunkan peradangan dan bertindak sebagai analgesik

Kandungan asam lemak dalam minyak kemiri memberikan efek anti-inflamasi yang dapat diserap ke dalam kulit dan membantu menenangkan otot dan sendi yang sakit. Sedangkan manfaat sebagai analgesik minyak kemiri dapat digunakan untuk menghilangkan rasa sakit karena dapat dengan cepat menghambat reseptor rasa sakit dan area yang mati rasa.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Dengan jumlah vitamin E dan vitamin C yang kaya, minyak ini dikemas dengan antioksidan dan potensi penambah kekebalan tubuh. Dengan teratur mengoleskan minyak kemiri setiap hari terutama ke tangan dan wajah, ini bisa memberi keuntungan ketika harus melawan infeksi.

Baca Juga: Mandi Hutan Untuk Kesehatan Jiwa

Referensi:
[1] Krisnawati, H., Kallio, M., & Kanninen, M. (2011). Aleurites moluccana (L.) Willd.: ekologi, silvikultur dan produktivitas. Cifor.

[2] https://www.organicfacts.net/health-benefits/oils/kukui-nut-oil.html

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2021 Hutan Itu Indonesia. All Rights Reserved.
cross