fbpx

Mitra Aktif

Humanitarian Forum Indonesia

HFI merupakan jaringan organisasi kemanusiaan dan pembangunan, yang didirikan oleh tujuh LSM, (MDMC, YTBI, YEU, Dompet Dhuafa, Karina KWI, WVI, PPKM) berkomitmen untuk membangun kolaborasi antara aktor-aktor kemanusiaan terutama LSM, lintas latar belakang perbedaan, ras etnis , suku, agama dan negara, untuk mengampanyekan norma-norma dan prinsip-prinsip standar kemanusiaan di seluruh dialog, dan mengembangkan kemitraan di tingkat mana pun mereka berada.

WANITRAIL

Wanitrail adalah event lari khusus perempuan pertama di Indonesia, Wanitrail pertama kali diadakan pada tahun 2018. Wanitrail diadakan karena partisipasi perempuan dalam acara lari jejak meningkat setiap tahunnya, memiliki visi untuk membuktikan bahwa wanita kuat dan tangguh di jalan setapak, dan memotivasi orang lain untuk menikmati jejak berlari sebanyak yang dilakukan, dan lebih banyak wanita yang melakukanya.

Sumateran Orangutan Conservation Programme

SOP merupakan organisasi nirlaba yang fokus terhadap upaya peyelamataan dan perlindungan orangutan Sumatra dan liar (Pongo abelii) dan Tapanuli (Pongo tapanuliensis) dan habitat hutan hujan mereka, melalui konservasi berbasis sains, membangun populasi liar baru, advokasi, pendidikan dan pembangunan kesadaran.

Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia

Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia (PGI) didirikan pada 25 Mei 1950. Sebelumnya, pada 6-13 November 1949 diadakan “Konferensi Persiapan Dewan Gereja-gereja di Indonesia”. Seperti diketahui sebelum Perang Dunia II telah diupayakan mendirikan suatu Dewan yang membawahi pekerjaan dan Zending; namun karena pecahnya PD II maksud tersebut diundur. Setelah PD II berdirilah tiga buah Dewan Daerah, yaitu “Dewan Permoesyawaratan Geredja-geredja di Indonesia, yang berpusat di Yogyakarta (Mei 1946); “Majelis Usaha Bersama Geredja-geredja di Indonesia bagian Timur”, berpusat di Makassar (Maret 1947) dan “Majelis Geredja-geredja bagi Sumatera” (awal 1949), di Medan. Ketiga dewan daerah ini didirikan dengan maksud membentuk satu Dewan Gereja-gereja di Indonesia, yang melingkupi ketiga dewan tersebut.

Biro Pemuda dan Remaja PGI

Biro Pemuda dan Remaja (BPR) PGI adalah unit sub organisasi yang bergerak pada konsultasi pemuda dan remaja Persatuan Gereja-Geraja di Indonesia. BPR PGI  mengimplementasikan amanat Pokok-pokok Tugas Panggilan Bersama (PTPB) PGI. Merancang dan mempersiapkan program-program afirmatif sesuai dengan kebutuhan prioritas. Melaksanakan program secara efektif dan efisien. Melakukan koordinasi dengan mitra (gereja, pemerintah. LSM, dan donor) untuk pelaksanaan program.

Kantor Waligereja Indonesia

KWI (Kantor Waligereja Indonesia)  merupakan Federasi Para Waligereja (Uskup) se-Indonesia yang bertujuan menggalang persatuan dan kerjasama dalam tugas pastoral mereka memimpin umat Katolik Indonesia. KWI tidak “di atas” atau membawahi para uskup karena masing-masing uskup tetap otonom. KWI tidak mempunyai cabang di daerah. Keuskupan bukanlah KWI daerah. Yang menjadi anggota KWI adalah para uskup di Indonesia yang masih aktif, bukan yang sudah pensiun. Oleh karena itu sampai sekarang jumlah anggotanya hanyalah 35 orang, tidak lebih dari itu karena jumlah keuskupan di Indonesia hanya 37 masing-masing satu orang Uskup.

Komunitas Konservasi Indonesia Warsi

Komunitas Konservasi Indonesia (KKI) Warsi didirikan pertama kali sebagai lembaga jaringan dengan nama Yayasan Warsi (Warung Informasi Konservasi) pada bulan Desember 1991. Pendiriannya diprakarsai oleh 12 LSM dari empat provinsi di Sumatera bagian selatan (Sumatera Selatan, Sumatera Barat, Jambi, dan Bengkulu) yang peduli pada masalah konservasi sumber daya alam dan pengembangan masyarakat. Di awal berdirinya KKI Warsi merupakan forum diskusi untuk merespon secara kritis terhadap kebijakan pengelolaan hutan yang eksploitatif tanpa mempertimbangkan keberlanjutannya.

World Wildlife Fund Indonesia

WWF mulai berkiprah di Indonesia pada 1962 sebagai bagian dari WWF Internasional, melakukan penelitian di Ujung Kulon untuk menyelamatkan populasi badak jawa yang nyaris punah. Saat itu hanya tersisa sekitar 20 individu saja. Bekerjasama dengan Kementrian Kehutanan, lambat laun jumlah populasi satwa bercula satu itu meningkat hingga stabil sekitar 40-50 individu pada survey tahun 1980-an.

Sunpride

Sunpride merupakan produk dari PT Sewu segar Nusantara yang didirikan pada 1995 sebagai anggota kelompok investasi unggulan gunung sewa kencana (GSK) yang memiliki keahlian yang luas dibeberapa bidang antara lain yaitu makanan, agribisnis, asuransi jiwa, barang-barang konsumen,sumber daya alam, teknologi informasi dan properti,  PT Sewu Segar Nusantara berfokus pada distribusi dan pemasaran buah lokal uang bekerjasama dengan Nusantara Tropical Farm untuk menghasilkan  beberapa buah lokal yang ditanam didaerah Lampunhg seperti pisang cavendish, Nanas Noni, Guava Crystal, Pepaya, dan Buah Naga.

campaign.com

Campaign.com adalah jaringan sosial pertama yang dibangun untuk perubahan dan memberikan dampak sosial. Dibangun di Indonesia sejak 2015, Campaign.com bertujuan untuk membantu organisasi, komunitas dan perusahaan maupun individu mengorganisir sebuah kampanye yang berkelanjutan dan berdampak pada perubahan sosial.

change.org

Change.org adalah situs web petisi yang dioperasikan oleh organisasi for-profit Change.org, Inc, berkantor pusat di San Francisco Amerika Serikat dengan klaim lebih dari 240 juta pengguna  dan menyelenggarakan kampanye yang disponsori untuk organisasi. Perusahaan ini berkantor pusat di , California.

indorelawan.org

Indorelawan adalah organisasi nirlaba yang membuat kolaborasi antara relawan dan komunitas dengan misi sosial menjadi lebih mudah.

Forum Konservasi Leuser

Forum Konservasi Leuser, sebuah LSM yg bergerak untuk konservasi Kawasan Ekosistem Leuser,  FKL memiliki misi dalam  perlindungan terhadap Hutan Aceh terutama di Kawasan Ekosistem Leuser guna melindungi masyarakat Aceh dari bencana ekologis, hal ini mendorong Forum Konservasi Leuser (FKL) untuk membantu Pemerintah Aceh disektor kehutanannya. FKL terus bekerja secara efektif untuk mencegah kepunahan satwa liar yang terancam punah di ekosistem Leuser dan memantau deforestasi dari kegiatan kehutanan ilegal seperti perambahan, pembalakan liar dan gangguan lain terhadap habitat satwa liar.

Green Peace Indonesia

Greenpeace merupakan Organisasi Lingkungan Nirlaba Internasional, berlatar belakang  motivasi menjadikan dunia menjadi hijau dan damai, sekelompok aktivis berlayar dari Vancouver, Cananda, untuk melakukan protes terhadap rencana uji coba bom nuklir Amerika Serikat di pulau Amchitka, pesisir barat AlasakaDi tahun 1971. Greenpeace berkomitmen untuk melakukan gerakan Aksi tanpa kekerasan dan bertanggung jawab secara pribadi. Kami beraksi dengan penuh kesadaran.

Kedai Jatam

Kedai JATAM adalah salah satu unit jaringan Jaringan dan Advokasi Tambang yang mendampingi dan mengangkat usaha daya pulih masyarakat/komunitas dari daerah krisis, juga menjadi rumah bersama kanal distribusi keberagaman produk – produk unggulan dari petani. Lebih dari itu, Kedai JATAM berusaha menata kembali pola produksi konsumsi di masyarakat yang tidak sehat, cenderung konsumtif, eksploitasi, industrialisasi dan instan yang merusak menjadi produksi konsumsi yang berdaulat dan bertanggung jawab.

trijee.com

Trijee Sportswear didirikan pada 25 Maret 2015 adalah pengecer yang menjalankan pakaian dan aksesoris di Jakarta. Perusahaan saat ini memiliki dua unit bisnis. Satu menjual pakaian dan aksesoris siap pakai yang lain menerima pesanan khusus berdasarkan kebutuhan pelanggan, umumnya di bawah kategori olahraga.

UKI ATMAJAYA

Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya atau disingkat Unika Atma Jaya adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Jakarta yang didirikan oleh Yayasan Atma Jaya pada tanggal 1 Juni 1960. Kampus utama Unika Atma Jaya memiliki tiga (3) lokasi yaitu Kampus 1 Semanggi, Jakarta Selatan, Kampus 2 Pluit, Jakarta Utara, dan Kampus 3 BSD, Serpong, Banten.

World Resource Institute

WRI Indonesia, didirikan di Indonesia dengan nama Yayasan Institut Sumber Daya Dunia, adalah lembaga kajian independen yang fokus pada pembangunan sosio-ekonomi nasional secara inklusif dan berkelanjutan. Pekerjaan kami fokus pada enam bidang utama: hutan, iklim, energi, kota dan transportasi, tata kelola, dan laut. Kami mengaktualisasikan gagasan-gagasan besar ke dalam aksi nyata pada titik temu yang menghubungkan lingkungan dengan peluang ekonomi dan kesejahteraan manusia.

ASRI

Yayasan Alam Sehat Lestari, atau yang lebih dikenal dengan ASRI adalah organisasi nirlaba yang berada di Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat. Digagas oleh Dr. Kinari Eve Webb, ASRI resmi berdiri pada tahun 2007 dan telah terdaftar di Kementrian Hukum dah Hak Asasi Manusia. ASRI memiliki dua program besar, yaitu Kesehatan dan Konservasi Lingkungan.

Kabupaten Lestari

Lingkar Temu Kabupaten Lestari (LTKL) adalah forum kolaborasi yang dibentuk dan dikelola oleh pemerintah kabupaten untuk mewujudkan pembangunan berkelanjutan. LTKL dibentuk oleh 8 pemerintah kabupaten di bulan Juli 2017. Sampai dengan Februari 2019, LTKL memiliki 11 kabupaten anggota di 8 provinsi Indonesia dan bekerja berdampingan dengan Asosiasi Pemerintah Kabupaten seluruh Indonesia (APKASI).

Karang Taruna Benda Baru

Sebagai organisasi sosial kepemudaan di tingkat kelurahan, Karang Taruna Kelurahan merupakan wadah dan sarana pengembangan setiap anggota masyarakat yang tumbuh dan berkembang atas dasar kesadaran dan tanggung jawab sosial dari, oleh, dan untuk masyarakat terutama generasi muda di wilayah kelurahan terutama bergerak di bidang penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Nol Sampah Surabaya

Nol Sampah Surabaya adalah komunitas kepemudaan di Surabaya yang berfokus pada pengurangan sampah kemasan, memiliki visi misi untuk mengurangi volume sampah dengan cara Reduce+Reuse+Recycle. Mengurangi volume sampah dapat dilakukan langsung dari sumbernya (rumah tangga) dengan cara memisah sampah menurut jenis-jenis sampah.

Dinas Kehutanan Prov. Jawa Timur

Dengan telah diterbitkannya Undang-Undang No 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah daerah, Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur memiliki kewenangan sebagai berikut :

1.) Pengelolaan Hutan

2.) Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya

3.) Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (DAS)

Trashbag Community Surabaya

Trashbag Community berangkat dari keresahan  anak muda terkait banyaknya sampah di sejumlah gunung di Indonesia, dengan menggelar aksi turun tangan untuk i bersih-bersih gunung. Tiga pendaki muda yakni, Ragil Budi Wibowo, Edo dan Renaldi, mencetuskan ide gerakan peduli sampah gunung. Trashbag Community lahir pada 11 November 2011 silam  di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Yayasan Orangutan Sumatera Lestari

Yayasan Orangutan Sumatera Lestari – Pusat Informasi Orangutan (YOSL-OIC) adalah LSM yang berbasis di Medan, bertujuan untuk melestarikan dan melindungi orangutan Sumatra (Pongo abelii) dan rumah hutan mereka. Kami bekerja dengan komunitas lokal yang hidup di sepanjang habitat orangutan, di dalam dan sekitar Ekosistem Leuser, benteng terakhir orangutan Sumatra dan di antara hutan tropis terpenting yang tersisa di Asia. ami untuk melindungi planet ini.