Desa Perigi, Desa yang Dikelilingi Hutan Hujan Tropis

Dipublikasikan oleh admin pada 28 Oct 2021

Sudah pernah mendengar tentang Desa Perigi, desa ini merupakan desa yang terletak di Kecamatan Mendawai, Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, dengan luas wilayah -+297 km2. Jumlah penduduk di desa ini sebanyak 388 jiwa terdiri dari laki-laki 216 dan perempuan 172 atau 115 kepala keluarga. Wilayah Desa Perigi di bagian barat dan timur merupakan daerah dataran dan berbukit dan bergelombang yang didominasi hutan hujan tropis dengan ketinggian 50-100 m dpl. Selain itu desa ini juga mempunyai tipologi lahan basah rawa gambut.

Dikelilingi banyak sungai

Karakter unik dari desa perigi adalah dengan adanya beberapa sungai di seperti Sungai Landabung disisi timur, Sungai Madang dan Sungai Perigi serta Sungai Bakumin. Sungai bakumin juga merupakan batas desa dengan Desa Tumbang Bulan.

Baca juga: Madu Melulut, Si Madu yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

Punya produk unggulan yakni anyaman purun

Produk anyaman purun yang dihasilkan dari desa perigi berupa tikar purun, tas daur ulang dari bahan purun, topi purun, dll. Bahan baku purun yang diambol dari sungai-sungai yang menghapit Desa Perigi dan menjadi tempat tumbuhnya tanaman purun.

Punya banyak kebun rotan

Desa perigi juga salah satu desa yang banyak terdapat kebun - kebun rotan masyarakat, rotan sendiri menjadi salah satu tanaman budaya masyarakat Dayak, di mana tanaman rotan ini harus ditanam di lahan yang banyuak tegakan pohon-pohon besar agar rotan bisa tumbuh dengan baik.

Kamu bisa menyaksikan sudut keindahan Desa Perigi lewat serial Segala dalam Diam yang bisa kamu saksikan di Youtube Dinda Kirana, tonton semua episodenya ya Sahabat Hutan!

***

Sumber informasi : Pemerintah Desa Perigi

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2021 Hutan Itu Indonesia. All Rights Reserved.
cross