Madu Melulut, Si Madu yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan

Dipublikasikan oleh admin pada 27 Oct 2021

Sarang lebah Trigona Itama, lebah penghasil madu kelulut. Dok: https://borneo24.com

Madu kelulut adalah jenis madu yang dihasilkan lebah Trigona Itama dan Trigona Thoracica jenis lebah tanpa sengat. Lebah tanpa sengat (Meliponini) penghasil madu kelulut hidup di sebagian besar wilayah tropis dan sub-tropis, dengan lebih dari 500 spesies di seluruh wilayah Neotropis, Afrotropis, dan Indo-Australia.

Jika dibandingkan dengan madu biasa, madu kelulut memiliki beberapa keunggulan, salah satunya memiliki kadar air yang lebih tinggi. Selain itu, madu jenis ini juga memiliki kadar antioksidan yang tinggi dan total karbohidrat yang lebih rendah. Madu ini secara tradisional telah dikonsumsi langsung dan digunakan dalam berbagai praktik pengobatan. Beberapa khasiat madu kelulut diantaranya;

  1. Punya kandungan antioksidan yang tinggi

Nutrisi paling penting dari madu kelulut adalah kandungan antioksidannya, yang berupa senyawa flavonoid, karotenoid, dan fenolik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa warna madu kelulut lebih gelap karena kandungan antioksidan dengan konsenstrasi lebih tinggi di dalamnya.

2. Aman untuk penderita diabetes

Secara tradisional, manfaat madu kelulut dianggap baik untuk diabetes dan sekarang sudah diketahui alasannya. Madu kelulut ini memiliki GI (indeks glikemik) yang lebih rendah atau berarti butuh waktu lebih lama untuk gula diserap ke dalam aliran darah.

Mengatasi permasalah pada mata

Madu ini dapat dimanfaatkan dalam pengobatan glaukoma dan katarak. Selain itu madu kelulut juga telah digunakan sebagai obat tetes mata untuk mengatasi masalah penglihatan.

Mengatasi kelainan saraf

Stres oksidatif adalah salah satu penyebab utama peradangan saraf yang menyebabkan apoptosis saraf dan kematian. Sebuah studi jangka panjang tentang khasiat madu dalam mengobati demensia pada manusia menemukan bahwa madu dan komponen yang ada dalam madu dapat mencegah demensia dan penyakit kognitif lainnya.

Tertarik untuk mencobanya? Sahabat hutan bisa mencarinya di e-commerce terdekat ya!


Referensi:


[1] https://www.sehatq.com/artikel/berkenalan-dengan-madu-kelulut-yang-memiliki-banyak-manfaat

[2]https://www.orami.co.id/magazine/manfaat-madu-kelulut/

One comment on “Madu Melulut, Si Madu yang Kaya Manfaat Bagi Kesehatan”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2021 Hutan Itu Indonesia. All Rights Reserved.
cross