Dicari 5 Tim untuk Menjelajah 5 Hutan Hujan Indonesia
January 14, 2020
Belajar Mencintai Hutan dari Film SEMES7A
April 28, 2020

Tea Ceremony

Pada tanggal 1 Maret 2020, saya mewakili Hutan Itu Indonesia mengikuti Kegiatan Liburan Berwawasan “ Edukasi dan Tanam Teh Bareng Petani” di Kebun Teh Pasir Canar yang berada di Kecamatan Takokak, Sukanegara, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Kebun Teh Pasir Canar ini telah berdiri sejak tahun 2014, dengan berkapasitas 200 Kilogram per hari. Pabrik Teh ini menampung hasil panen rakyat di sekitar Kecamatan Takokak. 

Kegiatan ini diinisiasi oleh SILA, Indonesia Artisan Tea. SILA berkomitmen untuk Harmoni, meningkatkan citra teh Indonesia demi kesejahteraan petani, konsumen, dan pelaku usaha.  Kegiatan ini berawal dari Celebrate World Tree Day, dan SILA melakukan Campaign “Buy one cup of tea and join us to plant a tea tree” yang bekerja sama dengan Partner utamanya yaitu Teabumi. 

Diawali dengan perkenalan di meeting Point,  SILA Teh Headquarters Bogor . Perjalanan untuk sampai ke lokasi menempuh waktu kurang lebih 6 jam dengan track yang sangat menantang. Jalan yang dipenuhi dengan berbatuan tanpa di aspal dengan rute yang menanjak dan menurun menyusuri berbukit. Dengan Tema  “Liburan Berawasan” makanya sepanjang perjalanan pun banyak story telling yang di sampaikan oleh Kang Redha, selaku  Co-Founder dari SILA Indonesia Artisan Tea. Banyak pengetahuan baru yang didapatkan yang sebelumnya belum pernah saya tahu, mulai dari sejarah teh, klasifikasi teh, jenis teh, karakteristik kehidupan petani, hingga manfaat teh bagi manusia dan bagi ekosistem lingkungan di sekitar kebun teh. 

Ketika sampai kami pun mendapat sambutan hangat oleh Kang Ferri selaku pengelola Pabrik teh dan  Petani teh Pasir Canar. Peserta di ajak untuk berkeliling Pabrik, teknologi berupa mesin-mesin masih  sangat sederhana, dan diskusi mengenai gambaran umum proses produksi teh. 

Sesi berikutnya, peserta berkumpul di Rumah Kang Ferri untuk Mengikuti sesi Edukasi Penanaman teh dan Diskusi secara langsung dengan petani teh. Setelah penjelasan kami langsung berkeliling Kebun teh untuk Briefing Penanaman Bibit Teh Bersama. Peserta menuliskan nama mereka di papan nama yang siap ditancapkan di sekitar kebun teh yang akan ditanam. Proses penanamannya  terbilang cukup mudah, memindahkan bibit teh dari polybag ke lahan. Teknik pemindahan dilakukan dengan menekan perlahan polybag, menggenggam polybag dengan kedua tanah hinggah tanah di polybag menggumpal sehingga dengan mudah untuk diangkat dari polybag dan siap di pindahkan ke lahan yang telah di lubangi sebelumnya.  

Peserta diajak menanam sebanyak-banyaknya, namun uniknya kita bukan hanya di ajak untuk menanam teh tetapi juga menanam harapan dari apa yang ditanam. Dilanjutkan dengan sesi foto bersama di area kebun teh yang telah ditanam tadi. Kami pun di ajak menyantap makan siang bersama di sekitar kebun teh di dukung suasana yang sangat sejuk dan juga mendung yang menandakan hujan akan turun. 

Tibalah di sesi terakhir, setelah menanam kini waktunya bersantai dengan menikmati seduhan teh hangat. Peserta berkumpul untuk siap menikmati seduhan teh yang sedang di siapkan oleh Bunda Iriana Pemilik SILA Artisan Teh, dan Kang Aris selaku baristea  SILA Artisan Teh. Bukan hanya melihat, peserta di edukasi cara untuk menyeduh teh yang benar, mulai dari tempat, suhu, dan kehangatan dari air hingga cara menuangkan teh. 

Saya pun bercerita sedikit mengenai Tea Ceremony yang saya ikuti pada saat mengikuti Kelas Suka Hutan Jabodetabek 2020. Teh bukan hanya sekedar untuk diminum tetapi lebih untuk di nikmati dan mengajarkan sebagai rasa bentuk syukur dan apresiasi kepada petani. Hal senada disampaikan oleh Kang Ferri “Teh itu bukan sekedar diminum tetapi lebih untuk dinikmati, seperti saat ini saja kita menunggu teh siap disajikan kita menikmati seperti apa proses penyajian teh tersebut”. Indah rasanya menikmati teh sambil bersantai dengan suasana asri dan alami di sekitar Perkebunan Teh Pasir Canar, namun waktu mengharuskan untuk mulai bergegas untuk kembali. 

“Salam teh… Sebagai penerima donasi pohon teh kami sangat bersyukur, dengan diberikan teh untuk ditanam kalimat ‘menanam untuk harapan’ bukan hanya sekedar kiasan, karena kami memang petani teh yang menaruh harapan kami di Teh, bibit ini kami tanam seiring dengan harapan kami… Jaya Teh Indonesia” Kang Ferri selaku pengelola Kebun Teh Pasir Canar. 

Nah, penasaran dan tertarik untuk Liburan Berwawasan “Edukasi dan Tanam Teh Bareng Petani” Kalian bisa lihat akun instagram-nya di @silateahouse untuk mengetahui informasi tentang teh, jenis dan klasifikasi teh, manfaat teh, hingga kegiatan liburan berwawasan selanjutnya. Jangan lupa untuk sharing tentang pengetahuan mu tentang teh, ajak keluarga, saudara, dan teman untuk berkunjung dan belajar di Kebun teh lainnya bersama SILA.

 

Penulis: Ahmad Yuda Pratama

Editor: Eulis Utami