Pulau Papua Nugini, Pulau dengan Keanekaragaman Tumbuhan Terbanyak di Dunia!

Dipublikasikan oleh admin pada 12 Jan 2021

Sudah pernah ke Papua? Kalau sudah, kamu turut berbangga akan hal berikut ini, simak yuk!

Penelitian yang dirilis di Jurnal Nature Agustus 2020 menyebutkan Pulau Papua Nugini dinobatkan sebagai pulau dengan keanekaragaman hayati terbanyak di dunia. Seperti diketahui bahwa Papua (Indonesia) termasuk dalam Pulau Papua Nugini, yang selain itu di dalamnya terdapat Negara Papua Nugini. Penelitian tersebut dilakukan oleh 99 ahli botani dari 19 negara membuktikan bahwa Pulau Papua memiliki 13.634 spesies yang terkelompok ke dalam 1.742 genus dan 264 famili dengan tingkat endemisitas mencapai 68% atau 9.301 spesies atau lebih dari dua pertiga dari tumbuhan tersebut tidak ditemukan di tempat lain (Camara-Leret et al., 2020).

Dalam proporsi antara Papua Nugini dan Indonesia, Jumlah spesies lebih banyak 44% ditemukan di Papua Nugini. Menurut Charlie D. Heatubun Kepala Balitbangda Provinsi Papua Barat mengatakan  “Pulau Papua telah menarik para peneliti selama berabad-abad, Papua telah menjadi rumah bagi ekosistem planet, mulai dari hutan mangrove, hutan dataran rendah, hingga padang rumput alpin.”

Sebagai Pulau terbesar di wilayah tropis dan menjadi pulau terbesar kedua di dunia setelah daratan Greenland, puncak tertinggi Pulau Papua lebih dari 4.000 m dengan gletser es abadi di Puncak Jaya yang masuk ke kawasan Taman Nasional Lorentz. Cantik dan eksotis begitulah tanah Papua, banyak tumbuhan-tumbuhan yang memiliki khasiat sebagai obat hingga keunikan lainnya, nah apa saja sih tumbuhan tersebut, simak diantaranya;

  1. Musa ingen, si pohon pisang raksaka!

Musa ingens yang hanya bisa ditemui di Papua, musa ingens masuk ke keluarga terbesar Musaceae.  pohon ini tumbuh di hutan Pegunungan Arfak, daunnya dapat mencapai panjang 5 meter dan lebar mencapai 1 m dan tingginya bisa mencapai 25 m, sehingga pohon ini dijuluki pohon pisang raksaksa di dunia.

Musa Ingens, sumber foto: Meise Botanic Garden Science (Twitter)

2.  Buah merah, buah yang kaya manfaat!

Selanjutnya ada buah merah (Pandanus conoideus) yang merupakan tumbuhan sejenis pandan,  buah dari tumbuhan ini berbentuk lonjong dengan bagian ujung tertutup daun. saat matang, buah ini akan berwarna merah. Manfaat dari bunga merah untuk penyembuhan kanker, kebutaan, serangan jantung, dan sejumlah penyakit lain, tumbuhan ini terkenal dimasyarakat Papua sejak 1998 karena kaya akan manfaatnya.

Bunga Merah, sumber foto: foresteract.com

 

        3. Rabon bi, buah yang dijadikan obat mata

Rabon bi atau keben, sumber foto: beritapapua.id

Rabon bi atau yang biasa disebut keben, memiliki tekstur kulit yang berserabut dan didalamnya terdapat biji keras dan berlendir, meski disebut buah tetapi masyarakat Papua  biasa mengonsumsi buah tersebut sebagai obat mata yang diolah dari saripatinya.

Hutan yang ada di Papua menjadi rumah bagi banyak flora dan fauna yang bila tidak dijaga kelestarian hutannya, maka kita tidak akan bisa melihatnya lagi. Yuk, mulai sekarang jaga hutan untuk jaga kehidupan kita.

 

Sumber

[1]  Cámara-Leret, R., Frodin, D. G., Adema, F., Anderson, C., Appelhans, M. S., Argent, G., ... & van Welzen, P. C. (2020). New Guinea has the world’s richest island flora. Nature584(7822), 579-583.

[2]  https://papua.go.id/view-detail-berita-204/undefined

[3] https://beritapapua.id/buah-unik-asal-tanah-papua-yang-kaya-akan-khasiat/

[5] https://www.mongabay.co.id/2020/09/10/studi-papua-pulau-dengan-ragam-hayati-tumbuhan-paling-tinggi-di-dunia/https://www.thestatworld.com/2015/12/musa-ingens-the-tallest-banana-plant-in-world.html?m=1

Copyright © 2021 Hutan Itu Indonesia. All Rights Reserved.
cross