Be Aware Be Organic – Fodim Atma
January 2, 2020
Coaching Clinic dan Night Talkshow Wanitrail 2019
January 2, 2020

Power of Story Telling – Gopay

Dalam rangka menyambut bulan relawan nasional, sebagai rangkaian kegiatan Festival Relawan 2019, Indorelawan X Gopay menyelenggarakan kembali kelas berbagi bertemakan Belajar Berbagi Bersama Gopay Vol II dengan tema “The Power of Storytelling on Social Media” bertempat di GoLearn, Pasaraya Blok M, Jakarta (15/11). Kelas Berbagi Vol II, bertujuan membantu rekan organisasi nirlaba dalam memberikan pelayanan sosial yang efektif melalui konten menarik storytelling.

Kelas berbagi kali ini mengundang Trivet Sembel founder sekaligus CEO Proud Project, salah satu platform media yang memiliki visi mendorong anak muda untuk lebih percaya diri dan menghilangkan batasan sosial yang ada di masyarakat. Hutan itu Indonesia berpartisipasi sebagai peserta kelas berbagai bersama 50 organisasi nirlaba yang terpilih dan hadir pada kesempatan tersebut. Semua perwakilan organisasi yang hadir diharapkan dapat membuat storytelling berdasarkan fokus kampanyenya masing-masing.

Trivet panggilan akrabnya, mengatakan bahwa narasi yang dibuat perlu memasukan nilai-nilai CUE (Concrete – Unexpected – Emotional), agar narasi memberikan nilai yang melibatkan sisi emosi audiens, untuk tergerak bersama sesuai yang diharapkan dari masing-masing organisasi. Menurut Trivet, ada beberapa pendekatan bagaimana menyusun konten dalam bentuk storytelling yang mampu menjadi touchpoint audiens. “Kita dapat menyusun konten storytelling yang bersifat entertainment (hiburan), inspiration story, dan story yang sifatnya education (mendidik). Konten yang sifatnya entertainment biasanya sangat digemari, karena dapat dikemas dalam bentuk drama atau gamification sehingga secara emotional dapat mengambil perhatian audiens,” kata Trivet.

Konten yang mengandung sesuatu yang unik, menyentuh, dan terhubung satu sama lain akan menarik audiens dan bonusnya akan menjadi viral. “Konten dengan cerita bukanlah sembarang konten. Inilah yang disebut dengan the power of storytelling,” tutup Trivet. (Adrian)

Editor : Shabrina PP