Mengenal Tangkahan, Surga dari Sumatra Utara

Dipublikasikan oleh admin pada 28 Nov 2021

Dokumentasi Hutan Itu Indonesia

Ekowisata Tangkahan terletak di Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara. Ekowisata ini oleh kebanyakan wisatawan dijuluki sebagai surga yang tersembunyi, kawasan Tangkahan masuk ke dalam Taman Nasional Gunung Leuser yang menyuguhkan eksotisme hutan hujan tropis yang indah.

Sumber foto : Travelling yuk

Liarnya hutan hujan tropis Tangkahan membuat setiap pengunjung untuk belajar lebih banyak tentang alam, flora, dan fauna Indonesia. Mulai dari air terjun, air panas, lembah dan berbagai tumbuhan langka bisa ditemui di sini.

Rumah bagi tumbuhan dan hewan langka

Sumber foto : Medan Tribunnews

Tangkahan menjadi rumah bagi banyak pohon kayu seperti damar, meranti, dan kayu raja yang diameternya di atas satu meter, selain itu kawasan ini punya enam jenis primata mulai dari orangutan sumatra, siamang, kedih, monyet ekor panjang, dan beruk. Selain itu kawasa Tangkahan juga dikenal sebagai tempat konservasi gajah Sumatra, buat kamu yang berkunjung berkesempatan untuk melihat kehidupan gajah seperti melihatnya mandi di sungai.

Akses menuju Tangkahan

Dari Bandara Internasional Kualanamu, kamu bisa naik Damri ke Terminal Pinang Baris, yang selanjutnya melanjutka perjalanan menggunakan bus Pembangunan Semesta sampai ke ekowisata Tangkahan. Ongkos yang harus dibayar biasanya merogoh kocek sebesar Rp25.000,00 per orang. Lama perjalanan dari Medan ke Tangkahan berkisar 3-4 jam dengan rute yag kurang lebih sepanjang 95 KM.

Referensi:
[1] https://gunungleuser.or.id/tangkahan/
[2] https://sumut.indozone.id/travel/75sWd14/foto-tangkahan-the-hidden-paradise-di-sumatera-utara

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2022 Hutan Itu Indonesia. All Rights Reserved.
cross