FOREST FESTIVAL “RAYAKAN HUTAN INDONESIA”: Kolaborasi Orang Muda untuk Hutan Indonesia
May 14, 2018
Ini Dia Pemenang Kompetisi #CeritaDariHutan
July 27, 2018

Lebih dari 20 Artis Mendukung Petisi #JagaHutan agar Indonesia Memiliki Hari Hutan Indonesia

Jakarta, 21 Mei 2018 — Nadine Chandrawinata, Daniel Mananta, Teuku Rizky atau Kiki (CJR), Sheryl Sheinafia, Indy Barens, Aqi Alexa beserta istrinya Audrey mendukung petisi #JagaHutan dengan berpartisipasi dalam sebuah video yang bertajuk “Apalah Arti Sebuah Nama”. Video ini mengajak masyarakat Indonesia untuk meminjamkan nama dan mengisi petisi #JagaHutan yang telah diluncurkan di tahun 2017 oleh gerakan Hutan itu Indonesia yang bekerja sama dengan change.org.

Petisi ini ditujukan kepada sejumlah pemimpin negara, termasuk Presiden RI, Joko Widodo, dan Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya Bakar untuk menjaga kelestarian hutan Indonesia. Selain itu, penandatangan petisi meminta agar Indonesia memiliki satu hari khusus yang didedikasikan untuk merayakan keindahan dan kekayaan hutan Indonesia.

Daniel Mananta sangat mengharapkan peningkatan awareness masyarakat Indonesia lewat adanya hari hutan Indonesia, agar anak-anak muda dan generasi berikutnya pun bisa bersama-sama menjaga hutan Indonesia. “Kalau sampai hari ini anak-anak kecil pada tahu R.A Kartini itu siapa, ya karena ada hari Kartini setiap 21 April. Kita semua tahu hari raya lima agama Indonesia juga karena ada hari khusus untuk merayakannya, jadi bayangkan betapa efektifnya punya hari Hutan Indonesia.” ujarnya.

Pernyataan Daniel Mananta menggelitik Leony Aurora, ketua Hutan itu Indonesia. “Saya jadi membayangkan jika kita punya hari Hutan Indonesia dan dari kecil anak-anak bisa belajar apa itu hutan dan siapa penghuninya dengan memakai kostum harimau, pohon, beruang madu, burung cendrawasih, dan macam-macam lagi. Pasti seru dan sangat mendidik!” ujarnya.

Bukan hanya mereka yang tampil di video saja, namun petisi #JagaHutan juga didukung oleh sejumlah influencer yang mengajak followers-nya untuk “swipe up” dan menandatangani petisi. Rianti Cartwright, Cathy Sharon, Glenn Fredly, Rikas Harsa, Dayu Hatmanti, Millane Fernandez, David John Schaap, Nina Tamam, Chef Marinka, Nino Fernandez, Endah & Rhesa, Astrid, Arlan, Cas Alfonso, Arina Mocca, Melanie Subono, Timothy Marbun, Prita Laura, dan masih banyak lainnya. Ajakan ini telah bergulir dari awal Mei dan akan terus berlanjut hingga akhir Mei 2018 nanti.

Petisi #JagaHutan dan gerakan Hutan itu Indonesia juga mendapat perhatian khusus dari jurnalis senior Andy F. Noya yang membuat satu episode khusus di Kick Andy berjudul “Hutan itu Indonesia.” Di episode ini, beberapa perwakilan Hutan itu Indonesia bisa langsung mengutarakan keinginan ribuan rakyat Indonesia yang telah menandatangani petisi agar Indonesia memiliki hari Hutan Indonesia ke Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Republik Indonesia, Siti Nurbaya Bakar.

Dalam kesempatan tersebut, Menteri KLHK menyampaikan terima kasih atas tekad dan semangat gerakan Hutan itu Indonesia untuk melestarikan Indonesia, dan juga sangat menghargai dukungan para artis atas kelestarian hutan Indonesia.

“Indonesia bukan hanya Bali atau Borobudur atau batik, tapi hutan yang hijau dan rimbun. Ini yang membuat Indonesia lebih unik dari Negara-negara lain di dunia,” tambah Daniel. Yuk, tanda tangani petisi #JagaHutan di www.change.org/jagahutan agar Indonesia punya Hari Hutan Indonesia.

 

Tentang Hutan itu Indonesia
Hutan itu Indonesia merupakan gerakan yang percaya akan kekuatan pesan-pesan positif untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya hutan untuk kita semua dan bagaimana kita bisa berkontribusi untuk melindungi hutan Indonesia. Hutan itu Indonesia merupakan gerakan yang bterbuka untuk semua pihak yang ingin bergabung, baik langsung di dalam organisasi maupun melalui kolaborasi untu kegiatan bersama atau inisiatif lain yang sejalan. Hutan itu Indonesia memiliki dukungan dari 40 mitra yang tersebar di seluruh Indonesia dan lebih dari 170 sukarelawan.

Untuk keterangan lebih lanjut, silakan hubungi:
Instagram: @hutanituid
Twitter: @hutanituid
Facebook: @hutanituindonesia