Kabar Gembira! PLSK Tangkahan Kembali Punya Cucu

Dipublikasikan oleh admin pada 30 Nov 2021

Kelahiran bayi gajah di Pusat Latihan Satwa Khusus (PLSK) Tangkahan yang terletak di Desa Namo Sialang Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat, Propinsi Sumatera Utara ini mendapatkan kabar menggembirakan karena lahirnya bayi kedua di tahun ini. Bayi gajah berjenis kelamin jantan ini lahir dengan kondisi sehat dari induk gajah bernama Olive dan pejantan bernama Theo. Kini populasi gajah di PLSK Tangkahan mencapai 1o ekor.

Seperti yang dilansir laman Travel Detik bayi gajah tersebut lahir pada hari Rabu 17 November 2021 pada pukul 03:00 WIB dini hari. Bayi ini lahir ini dengan memiliki lingkar badan 101 cm dan tinggi bahu 80 cm.

Para mahout (penjinak gajah) sangat gembira dan senang mengenai kabar kelahiran baru gajah ini, mereka berharap gajah sumatera dapat bertambah populasinya baik yang berada di PLSK Tangkahan maupun yang ada di alam liar.

Gajah sumatera merupakan salah satu jenis satwa liar dilindungi di Indonesia, berdasarkan The IUCN Red List of Threatened Species, gajah sumatera masuk kedalam status yang terancam kritis,sangat beresiko tinggi punah di alam liar. Selain itu, Gajah sumatera juga merupakan satwa prioritas dan menjadi salah satu nilai penting untuk kebutuhan pengelolaan Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2022 Hutan Itu Indonesia. All Rights Reserved.
cross