Bom Waktu, What’s Happened in Indonesia? Penyebab dan Solusi Pencemaran Lingkungan di Hutan Indonesia

Dipublikasikan oleh admin pada 30 Jun 2020

Kenapa harus menjaga hutan? Hutan hujan tropis lebih dari sekadar kumpulan pohon, ada flora dan fauna endemis, sumber pangan dan papan (khususnya bagi masyarakat adat), sumber budaya, dan sumber inspirasi. Dan tentunya hutan sebagai sumber kehidupan memiliki banyak manfaat mengatur siklus air, mencegah bencana ekologi, sebagai penyerap karbon dioksida dan menghasilkan oksigen untuk kita bernapas. 

Membicarakan manfaat hutan, memang sangat erat kaitannya dengan dampak yang dirasakan terhadap perubahan iklim, alih fungsi lahan menjadi produk komoditi  perkebunan, pertambangan dan pembangunan industri menjadi masalah yang serius kalau didiamkan terutama pengelolaanya yang kurang bertanggung jawab.  Oleh karena itu, kita wajib menjaga kelestarian hutan tropis dan keutuhan lahan gambut dari dampak yang merugikan.

Hutan adalah jawaban. Faktanya, “Hutan Ditebang, Bencana Datang

Perlu adanya gerakan anak muda untuk turut #JagaHutan bersama, kita bisa berkontribusi  dengan cara-cara sebagai berikut ; 

  1. Kampanye #JagaHutan secara personal, bisa dengan memulai kunjungan ke hutan terdekat, seperti hutan kota, cagar alam, taman nasional, yang kemudian bisa menceritakan kepada orang-orang terdekat mulai dari media sosial sendiri. 
  2. Cerita dari Hutan, melalui skill yang dimiliki bisa menceritakan hutan, misal melalui musik, tulisan, puisi, membuat video, storytelling book, blog, dll.
  3. Adopsi pohon, merupakan suatu program untuk pemeliharaan pohon melalui donasi yang diberikan kepada lembaga dan masyarakat lokal untuk memelihara pohon. 
  4. Mengonsumsi Produk Hasil Hutan Bukan Kayu, dengan mengoptimalkan penggunaan produk-produk hutan non-kayu juga termasuk upaya #jagaHutan, seperti rempah-rempah yang banyak bersumber dari hutan.
  5. Jalan-jalan ke hutan, merupakan salah satu kegiatan untuk membuktikan keindahan hutan Indonesia. Seeing is believing.

Mendekatkan Hutan, Menumbuhkan Cinta

Hutan itu Indonesia mengadakan berbagai kegiatan seru dan menyenangkan untuk menggerakkan anak muda perkotaan turut  #JagaHutan bersama supaya semakin banyak yang sadar dan peduli, bahwa Hutan Indonesia adalah identitas bangsa. Mulai dari kegiatan untuk mengenalkan makanan yang bersumber dari hutan, konser musik Musika Foresta, acara olahraga Ku Lari Ke Hutan, membuat petisi untuk Hari Hutan Indonesia hingga program adopsi pohon yang bekerja sama dengan mitra lokal yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. 

“Isu hutan adalah tanggung jawab kita semua, jadi siapapun dan apapun profesi kalian semua bisa turut untuk #JagaHutan sesuai dengan skill yang dimiliki masing-masing. Maka dari itu, mari kita lakukan kampanye #JagaHutan dengan penuh cinta secara bersamaan, sekreatif mungkin dan jangan lupa untuk bahagia!”

Oleh : Eulis Utami

Copyright © 2021 Hutan Itu Indonesia. All Rights Reserved.
cross