Berpetualang ke Era Paleozoikum di Sekitar Hutan Adat Guguk

Dipublikasikan oleh admin pada 20 Nov 2021

Era Paleozoikum telah berakhir pada masa permian 250 juta tahun lalu, kebakaran batu bara besar dan erupsi gunung berapi diduga sebagai pemicu kepunahan masif yang terjadi pada periode tersebut. Geopark Merangin Jambi yang luasnya 20.360 km2 adalah saksi masa tersebut berakhir, disepanjang aliran Sungai Batang Merangin kamu bisa menemui fosil tumbuhan dan hewan yang usianya mencapai ratusan juta tahun.

Salah satu artefak bebatuan yang terdapat disepanjang Sungai Batang Merangin. Sumber foto :www.andyyahya.com

Geopark Merangin berada di Kabupaten Merangin, tepatnya di Desa Air Batu dan Dusun Baru, Kecamatan Pemberap. Jarak lokasi Geopark ini dari pusat Kota Jambi terbilang tidak terlalu jauh. Anda hanya membutuhkan waktu tidak lebih dari 7 Jam untuk bisa berada di Desa Air Batu dengan menggunakan kendaraan bermotor.

Kawasan geopark ini terbagi menjadi 4 bagian yakni Paleobotani Park Merangin, Highland Park Kerinci, Geo-Cultural Park Sarolangun, dan Godwana Park Pegunungan Bukit Tiga Puluh. Geopark Merangin saat ini tengah diusulkan sebagai situs warisan dunia UNESCO dengan lanskap alam yang amat menakjubkan.

Sumber foto : Good News From Indonesia

Fasilitas dan Akomodasi

Fasilitas yang ada di Geopark Merangin dapat dikatakan terjangkau dan cukup memadai, untuk kamu yang hendak berkunjung kamu bisa menemukan berbagai jenis layanan jasa yang mudah. Untuk transportasi sendiri kamu bisa menggunakan bis atau menyewa mobil dari pusat Kota Jambi. Sedangkan fasilitas penginapan, kamu bisa menyewa homestay yang disediakan oleh penduduk setempat, fasilitas homestay terbilang sangatlah murah dan tentunya nyaman ditinggali.

Biaya yang perlu kamu keluarkan

Untuk bisa menikmati keindahan wisata alam di kawasan ini kamu perlu mengeluarkan sejumlah biaya yang terdiri dari sewa jasa guide sebesar Rp100,000 per orang, menyewa perahu karet untuk arung jeram sebesar Rp600,000. Perahu ini dapat kamu gunakan untuk lima orang . Sedangkan untuk homestay kamu dapa merogoh kocek rata-rata sebesar Rp200,000 untuk per malam. Untuk keperluan penginapan, Anda dapat menyewa homestay dengan biaya rata-rata sekitar 200 ribu rupiah yang bisa digunakan untuk 5-10 orang.

Kamu bisa menjajal wisata dan olahraga arung jeram di Sungai Batang Merangin, titik mulanya berlokasi di Desa Air Batu. Setiap tahunnya diselenggarakan event arung jeram berskala nasional.

Referensi :

[1] https://meranginkab.go.id/wisata/geopark


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2024 Hutan Itu Indonesia. All Rights Reserved.
cross