Atasi Kekeringan, Hutan Itu Indonesia Inisiasi Gerakan Tanam 500 Pohon di Sumba Timur

Dipublikasikan oleh admin pada 10 Nov 2023

Sumber mata air Walunggalo | Dokumentasi Hutan itu Indonesia

Waingapu, 9 November 2023 – Hutan itu Indonesia bersama komunitas Koalisi KOPI (Koalisi Orang Muda untuk Perubahan Iklim) Waingapu menginisiasi program penanaman pohon di Sumba Timur, inisiatif tersebut sebagai upaya mitigasi dampak perubahan iklim yang salah satunya adalah ancaman kekeringan dan hilangnya sumber mata air.

Lokasi penanaman pohon dilakukan di dua sumber mata air yakni sumber mata air Palu Pada di Wenapo dan mata air Dusun Walunggalo, di mana sumber mata air tersebut berperan penting dalam kehidupan masyarakat sehari-sehari mulai dari minum, mencuci. 

Sebanyak 500 pohon berhasil ditanam bersama 70 partisipan lainnya di area sumber mata air Palupada dan Walunggalo. Partisipan yang terlibat meliputi para pemuda yang tergabung dalam Koalisi KOPI Waingapu mulai dari Ana Humba Community, Ana Tana Plus, PMKRI Cabang Waingapu, Jaringan Perempuan Muda Sumba, Sabana Sumba, Forum Komunikasi Pemuda Kawangu. Penanaman ini dilakukan selama dua hari pada tanggal 7-8 November 2023. 

Foto bersama komunitas di hari kesua | Dokumentasi Hutan itu Indonesia

Penanaman pohon di Sumba Timur diharapkan dapat meningkatkan volume debit air yang semakin berkurang di sumber mata air setempat. Florianus Paulus Ngera, Founder Ana Humba Community menyambut positif gerakan ini.

“Dengan penanaman pohon di Sumba Timur ini harapannya dapat menjaga serta melindungi sumber mata air yang sudah ada serta menambah debit air yang selama ini cukup berkurang drastis. Terlebih lagi Saya berharap agar meningkatnya jumlah tutupan hutan di Pulau Sumba. Terimakasih untuk orang baik yang sudah patungan dengan Hutan Itu Indonesia,” Ujar Florianus.

Sumba Timur dipilih sebagai lokasi penerima manfaat penyaluran donasi kampanye Jaga Sumber Air Bersih yang dilakukan di laman Kita Bisa (https://kitabisa.com/jagasumberairbersih), pemilihan lokasi tersebut sebagai bentuk gotong royong dalam mitigasi dan adaptasi perubahan iklim yang selaras dengan program kerja Hutan itu Indonesia di kawasan Nusa Tenggara Timur bersama dengan Koalisi KOPI. 

Banon Pramesty selaku Digital Marketing and Partnership Coordinator menyebutkan bahwa “Kami berkomitmen agar masyarakat yang hidupnya bergantung sepenuhnya pada hutan dapat hidup sejahtera melalui keberadaan hutan yang terjaga. Penanaman kali ini kami lakukan dengan metode infus sehingga tanah akan terus basah sebagai upaya menekan angka kematian tanaman yang diakibatkan kemarau, dan rekan-rekan komunitas akan monitoring setiap 2 minggu sekali selama 3 tahun hingga pohon tetap hidup dan tumbuh dengan baik.” ujar Banon.

Penanaman pohon dan penghijauan kembali hutan berperan penting dalam menjaga dan merawat keseimbangan ekosistem termasuk menjamin ketersediaan air bersih, karena menjaga hutan adalah merawat masa depan. Dukung program adopsi hutan bersama gerakan Hutan itu Indonesia melalui laman https://hutanitu.id/donasi/, dukungan dari Anda sangatlah berarti dan memberi banyak manfaat bagi masyarakat dan juga hutan Indonesia.

https://www.instagram.com/reel/CzctWfwSi2g/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2024 Hutan Itu Indonesia. All Rights Reserved.
cross