fbpx

Lomba Debat Perhutanan Sosial KLHK

Dipublikasikan oleh admin pada

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) kembali menggelar Festival Perhutanan Sosial bertempat di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta pada tanggal 27-28 November 2019 lalu. Tema yang diambil dalam Festival Pesona tahun ini “Memakmurkan Rakyat Kini dan Nanti”  berangkat dari keberhasilan masyarakat dalam pengelolaan perhutanan sosial.

Selain mengangkat isu keberhasilan, penyelenggaraan Festival Pesona 2019 turut melibatkan keterlibatan anak muda dalam menggandeng keberhasilan Perhutanan Sosial, dengan diadakanya subacara lomba debat Festival Pesona 2019. Lomba debat Festival Pesona digawangi WRI Indonesia dan Hutan Itu Indonesia dengan tujuan mempresentasikan perhutanan sosial dan peranannya terhadap masyarakat Indonesia di kalangan anak muda.

Lomba debat ini menyasar pelajar dan mahasiswa yang diikuti lebih dari 10 tim yang lolos dari berbagai institusi maupun gabungan. Beberapa poin yang disampaikan saat debat berlangsung berkutat pada tema Eco-Influencer, skema kehutanan pribumi, partisipasi perempuan, kuota pribumi di pemerintahan dalam kehutanan sosial, konflik agraria dan bencana buatan di wilayah hutan sosial, seperti kebakaran hutan.

Final lomba debat Pesona 2019 dimenangkan oleh WSDC Plus yang digawangi Joshua, Adam, dan Judan Urqanto. Pemenang kedua, yakni dari tim Universitas Indonesia Eugenia, Ariel, dan Michael. Adapun pemenang pembicara terbaik, yakni Joshua Lingandiano. Para pemenang mendapatkan paket wisata ke lokasi perhutanan sosial dan sertifikat. (Adrian)

Editor : Shabrina PP


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *