PESONA HUTAN 

Hutan itu Indonesia mendukung inisiatif masyarakat yang berada di sekitar hutan Indonesia yang dengan bijaksana memanfaatkan hasil hutan bukan kayu sebagai mata pencaharian. Mereka selama puluhan, bahkan ratusan tahun, telah berhasil memanfaatkan hutan Indonesia dan menjaga kelestariannya, Pesona Hutan 2021 merayakan kayanya hasil hutan Indonesia dan dedikasi masyarakat di sekitar hutan dalam mengelola hutan secara lestari. Pesona Hutan mengajak kita bersama-sama melakukan aksi nyata melindungi hutan melalui promosi dan pengenalan jasa dan hasil hutan bukan kayu (HHBK) dalam bentuk pameran produk.

HHBK terdiri dari benda-benda hayati/biologis yang berasal dari flora dan fauna yang tumbuh di hutan kecuali produk berupa kayu seperti kerajinan rotan, madu hutan, tepung, rempah-rempah, kacang-kacangan, maupun dalam bentuk jasa air, udara, dan manfaat tidak langsung dari hutan. Pada Pesona Hutan 2021 terdapat tiga kategori utama dalam yang ditampilkan yaitu komoditas Pangan, Kerajinan, dan Jasa Pengelolaan Lingkungan. Dengan kita makin mengenal berbagai HHBK dan komunitas pengelolanya, kita bisa mulai mendukung mereka dengan membeli dan mengonsumsi HHBK. Yuk ikut berdayakan komunitas hutan dan rayakan kayanya Hutan Indonesia!

Komoditas pangan terdiri dari bahan dan olahan makanan, minuman, kacang-kacangan, minyak-minyak yang bisa dimakan, dan  rempah-rempah. 

Komoditas Kerajinan terdiri bahan olahan hasil hutan yang dibuat untuk aksesoris, maupun digunakan untuk kebutuhan sekunder lainnya. Contohnya : gelang dari rotan, tas belanja dari purun, kain tenu, rotan, bambu, serat alam, sutra alam pewarna alam, dll.

Pengelola Jasa lingkungan merupakan komunitas masyarakat maupun individu di sekitar hutan dengan memperhatikan perlindungan biodiversity, kekayaan budaya dan pelestarian air, udara dll. Contoh : paket jasa ekowisata/desa wisata di area Hutan Adat atau Hutan Desa.

Produk Perawatan Tubuh terdiri dari body lotion, sabun cuci muka, deodorant, hand sanitizer dan lain-lain.

Hasil Kayu merupakan suatu produk yang terbuat dari kayu. Produk kayu yang telah dikurasi sudah memiliki sertifikat berkelanjutan. Contohnya: kertas, furtiture, pulp, komponen bangunan dan lain-lain. 

Mitra 

Punya produk dan mau ditampilkan di laman Pesona Hutan? Klik button di bawah ini: