fbpx

Produk Hutan Non-Kayu

 

Hutan itu Indonesia mendukung inisiatif masyarakat yang berada di sekitar hutan Indonesia yang dengan bijaksana memanfaatkan hasil hutan non-kayu untuk menjadi mata pencaharian, misalnya madu, tepung porang, rotan, kopi hutan, mentega tengkawang, dan bunga telang. Mereka selama puluhan, bahkan ratusan tahun, telah berhasil memanfaatkan hutan Indonesia sambil menjaga kelestariannya. Kamu juga bisa mendukung mereka dengan membeli produk-produk hutan non-kayu yang diambil dengan cara yang baik. Untuk mendorong penggunaan produk hutan non-kayu, Hutan itu Indonesia di tahun 2016 mengadakan Pesona Hutan untuk memperkenalkan 23 komunitas penghasil produk hutan dengan 40 organisasi pendamping dan calon pembeli di Jakarta. Tak hanya itu, kami juga mengadakan acara Jamuan dari Hutan yang menyajikan sajian makanan berbahan dasar yang asalnya dari hutan. Mau tahu seperti apa? Klik tautan program di atas ya.

Kalau kamu ingin mengintip produk-produk hutan non-kayu apa yang tersedia, kamu bisa menghubungi organisasi-organisasi berikut ini:

Sekar Kawung berfokus pada penciptaan kemakmuran ekonomi dengan masyarakat, dengan memperkaya budaya lokal sambil memulihkan alam dan membangun kekayaan ekonomi.

Kedai JATAM mendampingi dan mengangkat usaha masyarakat dan komunitas dari daerah krisis serta menjadi kanal distribusi beragam produk-produk unggulan, seperti berbagai biji kopi dari hutan dan teh bunga telang.

JAVARA bekerja mulai dari produksi hingga distribusi untuk melestarikan keanekaragaman hayati dengan membawa produk organik yang berbasis masyarakat, baik dari proses pertanian maupun pengumpulan (foraging), ke pasar yang lebih luas.