Semarak Belajar Adopsi Pohon Bersama Anak-anak Sekolah Damai

Dipublikasikan oleh admin pada 31 Oct 2022

Oleh: Karuna Devi Tanuwidjaja (PMAP)

Tanggal 19 Oktober lalu, sukarelawan sub-komunitas Hutan Itu Indonesia, yaitu Pasar Murah Adopsi Pohon (PMAP) mengadakan kegiatan seru di Sekolah Damai, Jakarta Barat. Kegiatan bertajuk “PMAP Goes to School” ini diadakan mulai jam 1 siang dan diikuti oleh anak-anak SMP dan SMA sekaligus.

Setelah sambutan-sambutan singkat dan perkenalan tim, kak Yennifer selaku founder PMAP menceritakan awal dibentuknya sekaligus apa itu PMAP, yaitu sistem penjualan barang-barang preloved dan hasilnya disumbangkan untuk adopsi pohon di hutan. Ia mengatakan, generasi muda memang perlu melakukan sesuatu untuk lingkungan agar hewan-hewan tetap lestari dan bisa dilihat oleh anak cucu kita ke depannya. Ia juga menekankan pentingnya menjaga lingkungan, mulai dari menjaga hutan hingga kerusakan lingkungan yang pastinya berdampak ke kesehatan manusia juga. Keingat banget pas kak Yennifer bilang kalau ada penelitian yang menunjukkan sampah plastik yang terurai menjadi mikroplastik sudah ada di air susu ibu.

Acara PMAP Goes to School kali ini mendapat dukungan yang luar biasa, baik dari pihak sekolah Damai maupun para sukarelawan. Ada sukarelawan yang berangkat dari Cikarang dan juga Bogor hanya untuk mengikuti kegiatan ini. Rangkaian kegiatan berjalan dengan sangat lancar. Sebagai MC, Kak Githa betul-betul menjiwai dan mampu memancing antusiasme anak-anak. Begitu juga saat sesi edukasi yang dibawakan oleh kak Dyra. Sebelum penutupan, diadakan tanya jawab singkat dan disediakan hadiah untuk anak yang berhasil menjawab pertanyaan dari kak Githa.

Betul-betul gak disangka, antusiasme anak-anak mengikui sesi ini ternyata sangat tinggi. Banyak di antara siswa yang mengabadikan momen dengan smartphone mereka masing-masing dan bisa menjawab pertanyaan yang ditanya. Bahkan ada satu anak perempuan (namanya Nicole) yang ekspresif banget. Jadi, kebetulan dia berhasil mendapat hadiah, lalu dia mengirim pesan melalui DM Instagram PMAP dan berkata bahwa dia suka hadiahnya karena lucu. Salut sekali sama anak-anak di Sekolah Damai ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2024 Hutan Itu Indonesia. All Rights Reserved.
cross