fbpx

Madu Hutan Leuser

Madu

Deskripsi :
Madu Hutan Leuser merupakan salah satu madu unik yang dihasilkan di Kabupaten Aceh Tamiang. Uniknya adalah lebah ini tidak mau mengambil nektar yang berasal dari pohon yang menggunakan pestisida kimia, sehingga madu yang dihasilkan benar-benar bersih dari pestisida kimia.
Dengan mengonsumsi Madu Hutan Leuser kita turut membantu menjaga kelestarian hutan, karena madu ini merupakan salah satu produk hasil hutan bukan kayu yang menjadi sumber kehidupan masyarakat di sekitar hutan Leuser. Petani madu menjaga agar pohon-pohon raja/tualang tetap ada sehingga si lebah tidak mau pergi. Pohon tualang ini tumbuh di tengah-tengah hutan Leuser yang masih alami dan asri.
Madu Hutan Leuser dikembangkan oleh kolaborasi Kelompok Tani Dayang Hitam, Kampung Pantai Cempa, Kecamatan Bandar Pusaka, Kabupaten Aceh Tamiang; Forum Konservasi Leuser; dan Dinas Perindagkop Kabupaten Aceh Tamiang. Produksi Madu Leuser Lokop mencapai 900 kg-2 ton per musim (1 musim = 6 bulan).

Lokasi : Desa Harum Sari , Kecamatan Tamiang hulu, Kabupaten Aceh Tamiang,
Link pembelian : Tokopedia, Instagram, Whatsapp

Tori Sigi

Deskripsi :
Tori Sigi adalah olahan pangan yang berbahan baku produk lokal Kabupaten Sigi yang diolah dengan cara Quick Fry. Tori Sigi menggunakan umbi-umbian yang ditanam oleh masyarakat lokal di area buffer zone Taman Nasional Lore Lindu.

Lokasi : Desa Ampera, Kecamatan Palolo, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah
Link pembelian : Whatsapp

Kopi Pinogu

Deskripsi :
Kopi Pinogu merupakan kopi peninggalan perkebunan VOC di tengah hutan di Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. Kopi jenis robusta ini tumbuh di kawasan enklave di Kecamatan Pinogu, yang merupakan area Taman Nasional Bogani Nani Wartabone. Kopi Pinogu ini memiliki perjalanan panjang sebelum bisa dinikmati masyarakat, makanya kopi ini dikenal dengan kopi perjuangan. Berawal dari kebun warga di kawasan enklave taman nasional, kopi ini ditanam secara alami tanpa menggunakan pupuk atau pestisida sehingga bebas dari residu kimia yang biasa menyertai pupuk buatan. Usai dipanen, biji kopi berkualitas ini harus dikeluarkan dari daerah asalnya. Perjalanan panjang dimulai dari desa-desa di Kecamatan Pinogu, berkarung-karung kopi dipikul “kijang” ( istilah untuk orang yang memikul barang) ke luar hutan. Tidak ada jalan yang mulus di hutan taman nasional, jalan tikus yang dipenuhi semak menjadi jalur yang dilalui dengan jalan kaki. Perjalanan ditempuh selama 7-9 jam untuk mencapai Desa Tulabolo dari pusat Kabupaten Bone Bolango. Sebagai produk yang berkualitas, Kopi Pinogu telah mendapat Sertifikat Indikasi Geografis. Kopi ini juga sudah ditetapkan sebagai kopi organik dengan kualitas A. Saat ini, Kabupaten Bone Bolango sudah bisa memproduksi kopi Pinogu 20-30 kg per bulan.

Lokasi : Kecamatan Pinogu, Kabupaten Bone Bolango
Link pembelian : Whatsapp

Virgin Coconut Oil (VCO)

Deskripsi :
Kabupaten Gorontalo yang terkenal dengan komoditas kelapa, namun harga kelapa semakin turun yang membuat pendapatan para petani juga semakin menurun. Melihat hal ini, Bapak Wahyudin tergerak untuk menjadi produsen olahan kelapa agar memiliki nilai tambah. Maka, Bapak Wahyudin membuat IKM “LapaKlapa H305” sejak 2017 lalu.
Salah satu produk yang dihasilkan adalah Cocobi, yang merupakan produk 100% Extra Virgin Coconut Oil (VCO). VCO ini merupakan salah satu jenis minyak kelapa murni yang diproses dengan sistem coldpress centrifuge yang memiliki aroma kelapa segar. Produk VCO ini diproses secara higienis dan juga telah memiliki sertifikasi halal oleh MUI.
Melalui usahanya, Bapak Wahyudin dapat memberdayakan seribu perempuan di Kabupaten Gorontalo. Selain itu, produksi VCO ini juga mengedepankan aspek lingkungan dan sosial di dalam prosesnya, dengan menggunakan teknologi yang ramah lingkungan dan turut mendukung BPNTD (Bantuan Pangan Non Tunai Daerah). Hingga saat ini, IKM “LapaKlapa H305” bisa memproduksi hingga 1 ton per bulan.

Lokasi : Desa tolotio kecamatan tibawa Kabupaten Gorontalo, Provinsi Gorontalo
Link pembelian : Whatsapp

PesonaHutan-Katia (Sorgum dan Madu)

Deskripsi :
Filosofi Logo Katia product:
Pulau Semau adalah tempat inkubasi kami, dimana tempat tinggal Suku Helong. Keramahan dari masyarakatnya kami bawa dalam perusahaan. Serta simbol ayah dan ibu yang akan membawa kehangatan bagi keluarga. Tipografi huruf menyampaikan pesan kesamaan, semua punya perannya masing-masing dalam perusahaan. setiap peran ialah satu kesatuan dari cita-cita bersama dari perusahaan. Semua punya punya semangat yang sama, namun berbeda dalam langkahnya.
Sorgum sempat menjadi makanan pokok bagi masyarakat di Pulau Semau, sebelum akhirnya digantikan oleh beras dan jagung hybrid melalui program pemerintahan pada saat itu. Kini hampir tidak ada masyarakat di Pulau Semau yang dengan sengaja membudidayakan Sorgum untuk menjadi makanan utama atau pun pangan ternak, kecuali satu kelompok petani, Dalen Mesa. Berawal dari salah satu cerita anggota kelompok yang memiliki masalah diabetes pada istrinya lalu dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi sorgum secara rutin, dan juga pengetahuan mengenai sorgum dari pelbagai sumber, akhirnya kelompok tani Dalen Mesa mulai membudidayakan sorgum secara intensif.
Katia bekerjasama dengan Dalen Mesa sebagai salah satu pemimpin kelompok tani yang ada di Pulau Semau, tempat dimana produk-produk Katia berasal. Hampir keseluruhan proses pasca panen ini dikerjakan oleh ibu-ibu rumah tangga dari kelompok tani Dalen Mesa, sehingga bisa menambah pendapatan rumah tangga diluar hasil jual sorgum dan hasil panen lainnya.
Selain Sorgum, Katia juga memproduksi Madu hutan. Madu Hutan disebut juga dengan madu multiflora, karena madu hutan terbuat secara alami dari bermacam-macam bunga tanaman. Berbeda dengan madu ternak, umumnya madu hutan berwarna lebih coklat kehitaman karena banyak mengandung mineral, enzim dan zat bermanfaat lainnya. Para petani madu di Pulau Semau menempuh jarak kurang lebih 2 kilometer dari rumah menuju hutan untuk setiap kali memanen madu. dalam satu sarang, para petani madu dapat menghasilkan 5 sampai 8 botol madu ukuran 600ml setiap panennya. Pada sejarahnya, madu sudah digunakan oleh manusia sejak berabad-abad tahun yang lalu dari belahan dunia manapun. Selain digunakan sebagau pemanis, madu juga digunakan sebagai komponen untuk pengobatan. Bahkan, dulu di Mesir madu juga biasa digunakan sebagai alat bertransaksi. Madu murni memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Madu murni kaya akan protein, enzim, antioksidan, vitamin dan mineral serta memiliki kandungan nutrisi lainnya yang baik untuk tubuh kita. Beberapa manfaat yang dimiliki madu untuk tubuh kita yaitu dapat menambah energi, menguatkan imunitas tubuh, menyehatkan kulit dan dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas.

Lokasi : Yogyakarta
Link pembelian : Instagram,  Shopee: Katia Product ; Tokopedia: Katia Product

Kopi Lada Hitam

Deskripsi :
Kopi Lada Hitam merupakan perpaduan unik antara kopi robusta dan lada hitam yang diolah secara tradisional. Walau namanya Kopi lada hitam namun tidak akan menghilangkan cita rasa kopi, tetapi justru akan menambah nikmat aromanya. Rasa pedas dari lada hitam juga tidak akan terasa saat meminumnya, namun tetap dapat menghangatkan tubuh setelah diminum.
Kopi lada hitam ini diinisiasi oleh Ibu Ayu dari Kelompok Usaha Bersama Batas Negeri Indonesia di Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Melihat potensi lada hitam yang melimpah di Entikong, muncul keinginan Ibu Ayu untuk memberikan nilai tambah dari lada hitam agar dapar bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Kopi lada hitam ini dikerjakan gotong royong oleh sebagian besar masyarakat Entikong, mulai dari bapak-bapak sebagai petani lada, ibu-ibu di bagian pengolahan, serta anak muda Entikong yang putus sekolah juga diberdayakan ibu Ayu untuk bagian pengemasan dan promosi. Ibu Ayu dan teman-teman di Kelompok Usaha bisa memproduksi 50-100 kg setiap bulannya.
Perpaduan unik antara kopi robusta dan lada hitam ini memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan di antaranya membantu melancarkan proses pencernaan.

Lokasi : Kecamatan Entikong, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat
Link pembelian : Whatsapp, Instagram

Sentra Madu Hutan Periau Kapuas Hulu

Deskripsi :
Madu merupakan hasil hutan non kayu,madu adalah produk obatan tradisional.
Hutan adalah sumber kehidupan,anda membeli produk kami bearti anda telah ikut menjaga kawasan hutan dr kerusakan dan kepunahan.

Lokasi : Kedamin darat kecamatan putussibau selatan kabupaten kapuas hulu Provinsi Kalimantan Barat
Link pembelian : Whatsapp

Mangkies ( Mangrove Cookies )

Deskripsi :
MANGKIES ( Mangrove Cookies ) ini adalah produk kreatif berbahan dari daun jenis salah satu mangrove asosiasi Pluchea indica, guna memperkenalkan ke masyarakat luas bahwa mangrove bisa di makan. Bahkan untuk jenis ini bisa dimanfaatkan sebagai obat berbagai penyakit antara lain Rematik, Hipertensi, TBC Kelenjar Leher, Penurun Panas Badan, Mengatasu Bau Badan Dan masih banyak lainya.

Lokasi : Jl. Buritan No.469 RT.03 RW.01 Rawa Badak Utara, Koja, Jakarta Utara
Link pembelian : Whatsapp Instagram

Madu Hutan Apis Dorsa

Deskripsi :
madu hutan sebagai salah satu komoditas dari hhbk dapat menjadi sumber penghasilan bagi masyaakat di sekitar areal hutan. terlebih bagi jenis lebah Apis dorsata, madu yang dihasilkan dapat dipastikan alami karena jenis lebah ini memiliki kepekaan terhadap polusi. dengan demikian jenis lebah Apis dorsata dapat menjadi indikator dari tolak ukur rusakynaekosistem di suatu daerah. jenis lebah ini cenderung menghindari daerah-daerah yang berpolusi/rusak, seperti polusi dari kendaraan ataupun industri.

Lokasi : Panjang Selatan/Panjang/Bandar Lampung/Lampung
Link pembelian : Whatsapp

Rahsa Nusantara

Deskripsi :
Rahsa Nusantara adalah produsen rempah-rempah yang berkolaborasi langsung dengan petani lokal, diolah dengan perempuan-perempuan termarginalkan dengan natural dan beretika. Kami berupaya untuk menjadi solusi permasalahan kesehatan moderen dengan pendekatan kearifan lokal.

Lokasi : Jalan Cisitu Indah VI No. D9, Perumahan Kampung Padi, Dago, Coblong 40135 Bandung, Jawa Barat
Link pembelian : Rahsa Nusantara

Minyak Atsiri

Deskripsi :
Minyak atsiri adalah minyak yang dihasilkan melalui penyulingan berbagai tumbuhan seperti Kayu Putih, Eucalyptus, Telon, Nyamplung, Sereh Wangi dll

Lokasi : Cempaka Putih, Jakarta Pusat
Link pembelian : Minyak Atsiri

Madu dan Tengkawang

Deskripsi :
Madu hutan berasal dari Taman Nasional Betung Kerihun Danau Sentarum yang di kelola dengan sangat baik oleh masyarakat yang tinggal didalam kawasan Taman Nasional dan menjadi salah satu mata pencarian bagi masyarakat. Madu hutan dari lebah hutan Apis dorsata ini mengambil sumber pakan lebah atau nektar dari bunga bunga hutan yang ada di taman nasional yang beragam dan kaya akan manfaat untuk kesehatan. Madu hutan dari daerah ini sangat baik dan mutu terjamin dengan menggunakan teknik panen lestari untuk menjaga keberlangsungan lebah hutan dan kawasan hutan itu sendiri serta paska panen dengan teknik penyaringan yang higienis membuat madu hutan berkualitas sangat baik.
Selain dari madu hutan Riak Bumi bersama dengan komunitas juga mengelola minyak tengkawang di kecamatan Batang Lupar. Tengkawang ini sangat unik dimana berbuah per lima tahun sekali sehingga diperlukan strategi khusus untuk dapat memasarkan tengkawang baik dari yang telah di keringkan dan di olah menjadi minyak. Tengkawang sendiri merupakan jenis pohon endemik kalimantan dimana ada sebanyak 13 jenis pohon tengkawang dan yang banyak diminta oleh pasar yaitu minyak dari tengkawang tungkul atau shorea stenoptera.

Lokasi : Sekutal, Vega, Leboyan kecamatan Selimbau dan desa Labian untuk tengkawang di kecamatan Batang Lupar Kabupaten Kapuas Hulu Kalimantan Barat

Link pembelian : Madu dan Tengkawang

 

Kacang Kenari

Deskripsi :
Kacang kenari dari Maluku Utara dapat mengandung minyak tak jenuh yang tertinggi diantara kacang kacang lain nya ini sangat bermanfaat bagi tubuh manusia tetapi harus dimakan secara teratur atau sebagai bagian dari diet seimbang karena tingginya kalori dan kandungan lemak

Lokasi : Kp. Perigi RT.3 RW.8 Kel. Bedahan kec. Sawangan depok
Link pembelian : Whatsapp, timurasa.com

 

Madu Hutan, Kelompok Tani Kuningan

Deskripsi :
Madu hutan ini diperoleh langsung dari hutan di daerah Kuningan oleh petani setempat. Petani langsung mengambilnya dengan cara memanjat pohon. Setelah dipisahkan dengan sarang lebah, madu di saring dan dikemas dalam wadah kaca steril. Rasanya fruity dan manisnya sedang. 100% madu asli yang alami. Dengan mengonsumsi madu ini, kita juga dapat mendukung produk lokal dari hutan Indonesia, meningkatkan pendapatan masyarakat dan perputaran lebah semakin baik.

Organisasi : Rumah Bantala
Lokasi : Kuningan, Jawa Barat
Link pembelian : Whatsapp, Instagram, Shopee