Pekan Diplomasi Iklim: Uni Eropa Adopsi 1.100 Pohon di Jawa Barat, Bekerjasama dengan Pesepeda Lewat Tantangan #Act4Green

Dipublikasikan oleh admin pada 30 Sep 2022

Bibit pohon yang akan ditanam pada program Act4Green Challenge, bibit pohon muda tersebut nantinya akan dimonitoring pertumbuhannya secara berkala untuk memastikan pohon tersebut tumbuh dengan baik.

Jakarta, 30 September 2022 – Dalam rangka Pekan Diplomasi Iklim Indonesia 2022, Delegasi Uni Eropa untuk Indonesia berkolaborasi dengan Gerakan Hutan Itu Indonesia (HII) dan komunitas pesepeda Gravel2an melalui kampanye bersepeda #Act4Green Challenge (Tantangan #Act4Green) untuk mengadopsi 1.100 pohon. Kampanye ini berhasil mengumpulkan total 63,669.65 KM dengan bersepeda kolektif yang dilakukan online maupun offline dari tanggal 18 September hingga 1 Oktober 2022. Pada Tantangan #Act4Green ini, jarak yang ditempuh pesepeda berkontribusi pada program Adopsi Hutan di kawasan konservasi Gunung Masigit Kareumbi, Jawa Barat.

Tantangan ini akan ditutup lewat acara ‘Green Gathering at The Park’ pada Sabtu, 1 Oktober di lapangan softball GBK yang akan dimeriahkan dengan konser bersama Efek Rumah Kaca, Ten2five, karOKean ID, dan menonton film bertema aksi iklim ‘Bigger Than Us’.

Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Piket menyampaikan, “Ekosistem hutan menyerap karbon dan memperlambat laju perubahan iklim. Di dalam Kesepakatan Hijau, Uni Eropa berkomitmen menanam hingga 3 miliar pohon tambahan pada tahun 2030, dengan sepenuhnya mengindahkan prinsip-prinsip ekologis. Hal ini sejalan dengan ajang Tantangan #Act4Green, yang digerakkan oleh anak muda yang peduli lingkungan dan menunjukkan aksi nyata melalui adopsi pohon. Hari ini kami memberi kontribusi 1.100 pohon. Semoga ini akan menggerakkan inisiatif yang lebih banyak demi menjaga hutan dan mengatasi perubahan iklim.”

“Kegiatan #Act4Green Challenge ini membuktikan bahwa banyak orang yang perlu dan mau untuk jaga hutan dengan cara yang kreatif walau tinggal jauh dari hutan. Karena orang kota seperti kita pun berdampak pada pelestarian hutan dari cara konsumsi dan transportasi kita yang menghasilkan emisi karbon. Nah salah satunya bagi kita suka bersepeda bisa berkontribusi lewat tantangan dan kegiatan seru seperti ini,” jelas Christian, Manajer Program HII.

Green Gathering at The Park sendiri terbuka untuk umum dan gratis, peserta hanya perlu mendaftarkan diri di https://climatediplomacyweek2022.id/. Registrasi hanya berlaku untuk satu orang.

Pekan Diplomasi Iklim adalah kampanye global tahunan yang diluncurkan oleh Uni Eropa dan Negara-negara anggotanya untuk mendorong kerja sama dalam perubahan iklim dan menginspirasi tindakan nyata. Pekan Diplomasi Iklim bertujuan untuk berbagi pembelajaran, merayakan kemajuan dan terus membangun momentum aksi iklim antara Uni Eropa dan Indonesia.

Dengan tema ‘Green and Blue for Our Climate’, Pekan Diplomasi Iklim mendorong semua pemangku kepentingan untuk memulihkan hutan dan perlindungan laut sebagai bentuk transisi menuju masa depan berkelanjutan. Tahun ini merupakan European Year of Youth 2022 yang menyoroti peran dan kontribusi kaum muda untuk membangun masa depan yang lebih hijau. 

Artikel ini merupakan hasil kolaborasi bersama akurat.co

***

Untuk informasi lebih lanjut :

Andrian Pramana – Hutan Itu Indonesia PR  (media@hutanitu.id atau +6285-8608-506-38)

Tentang Hutan Itu Indonesia

Hutan Itu Indonesia (HII) adalah gerakan terbuka yang percaya pada kekuatan pesan positif untuk menumbuhkan rasa cinta kepada hutan Indonesia melalui cara yang unik, menyenangkan dan dilakukan secara kolaboratif. Berdiri sejak 22 April 2016 di Jakarta, HII memiliki misi untuk meningkatkan kesadaran publik, khususnya anak muda Indonesia di perkotaan yang tinggal jauh dari hutan, tentang kekayaan hutan Indonesia, dan berkontribusi dalam upaya menjaga hutan. Informasi lebih lanjut bisa mengunjungi https://hutanitu.id/.

Tentang Uni Eropa

Uni Eropa adalah persatuan ekonomi dan politik dari 27 Negara Anggota dengan jumlah penduduk sebanyak 447 juta jiwa. Bersama-sama, Uni Eropa telah membangun zona yang stabil, demokratis dan pembangunan yang berkelanjutan dengan tetap menjaga keragaman budaya, toleransi dan kebebasan individu. Pada tahun 2012, Uni Eropa dianugerahi Penghargaan Nobel Perdamaian atas upayanya mencapai perdamaian, rekonsiliasi, demokrasi dan hak asasi manusia di Eropa. Uni Eropa adalah blok perdagangan terbesar di dunia, serta sumber dan tujuan investasi asing langsung terbesar di dunia. Secara kolektif, Uni Eropa dan Negara-negara Anggotanya adalah donor terbesar Bantuan Pembangunan Resmi (ODA), yang menyediakan lebih dari setengah ODA secara global. 27 negara anggota Uni Eropa (dalam urutan protokol) adalah: Belgia, Bulgaria, Republik Ceko, Denmark, Jerman, Estonia, Irlandia, Yunani, Spanyol, Perancis, Italia, Siprus, Latvia, Lituania, Luksemburg, Hongaria, Malta, Belanda, Austria, Polandia, Portugal, Romania, Slovenia, Slovakia, Finlandia dan Swedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2024 Hutan Itu Indonesia. All Rights Reserved.
cross