Ini 6 Pohon Menakjubkan yang Ada di Dunia

Dipublikasikan oleh admin pada 29 May 2021

Oleh Andrian Pramana

Keanekaragaman alam di dunia sangat menakjubkan. Semuanya begitu beragam, mulai dari tumbuhan, hewan sampai fenomena-fenomena yang penuh kejutan. Ada tumbuhan yang beracun, dan arsitek alami di bumi. Pada tahun 2011, diperkirakan ada 1,2 juta spesies yang hidup di planet kita, yaitu sekitar 1 juta dari spesies binatang, 200.000 spesies tumbuhan, dan sisanya dari spesies jamur hingga bakteri. 

Percaya atau tidak, beberapa orang mengatakan disetiap menit terdapat 20 spesies yang punah di permukaan bumi ini.  International Union for Conservation of Nature (IUCN) berpendapat, ada 44.000 spesies binatang atau tumbuhan telah masuk ke dalam daftar merah (red list) IUCN, 17.000 di antaranya berada dalam kategori terancam punah. 

“Itu artinya, 1 dari 4 spesies mamalia dan 1 dari 8 spesies burung ada di ambang kepunahan” 

Bicara soal keanekaragaman hayati, lekat kaitannya dengan hutan. Nah, di dalam hutan terdapat banyak tumbuhan. Tahukah kamu jenis tumbuhan pertama yang ada di dunia? Yap, namanya ganggang, tumbuhan ini muncul 3,8 miliar tahun yang lalu dan masih ada sampai sekarang. Banyak juga pohon-pohon menakjubkan yang tumbuh dengan keunikannya, mau tahu? Simak artikel lengkapnya ya!

1. Pohon kerdil berumur panjang 

Willow Arktika | Sumber foto: id.depositphotos.com/

Salah satu pohon yang bisa hidup di cuaca paling dingin di bumi adalah pohon willow arktika. Bentuk pohon ini sangat kecil dan memiliki akar-akar pendek yang terentang di permukaan tanah dan tidak membeku.  Meskipun tumbuh lambat, pohon ini sangat tangguh dan beberapa di antaranya bisa bertahan lebih dari 200 tahun. Willow arktika juga menjadi pohon terkecil di dunia. Jarang sekali tinggi pohon ini melebihi 15 cm. 

2. Pohon tertinggi di dunia, hyperion!

Pohon sequoia yang tumbuh menjulang tinggi diantara pepohonan lainnya | Sumber foto: https://www.reddit.com/

Pohon tertinggi di dunia bernama Sequoia. Salah satu jenisnya begitu tinggi sehingga dinamakan Hyperion. Jenis Hyperion diakui sebagai pohon terbesar di dunia dengan tinggi sekitar 115,54 meter, atau setara dengan tinggi gedung berlantai 41. Hyperion merupakan nama dari coast redwood (Sequoia sempervirens) Pohon itu diperkirakan mengandung 530 meter kubik dari kayu. Sillett memperkirakan pohon itu berumur 600 tahun.

3. Pohon pinus langka yang kembali ditemukan!

Pohin Pinus Wollemi | Sumber foto: http://smart-pustaka.blogspot.com/

Di Australia, terdapat pohon langka yang ditemukan pada tahun 1994. Pohon ini bernama pinus wollemi yang merupakan spesies baru dan langka. Sejak ditemukan, letak pohon ini dirahasiakan untuk mencegah kemusnahan akibat ulah manusia.  Pohon ini ditemukan kembali oleh David Noble tahun 1994, disebuah jurang di hutan tropis seluas 500.000 hektare di Taman Nasional Wollemi, Blue Mountains. Wollemi Pine pertama ada sekitar 200 juta tahun yang lalu dan fosil terakhir yang ditemukan berumur 90 juta tahun.

4. Pohon dengan buah paling beracun

Pohon manchineel | Sumber foto: idntimes.com

Menurut Florida Institute of Food and Agricultural Sciences, semua bagian pohon manchineel sangat beracun. Melakukan kontak dengannya bisa menyebabkan kematian. Menelan buah manchineel dapat berakibat fatal. Muntah berat dan diare membuat tubuh mengalami dehidrasi parah dan sulit mengembalikan cairan tubuh yang sudah habis.

5. Pohon berduri 

Pohon ceiba speciosa | Sumber foto: pixabay.com

Pohon Ceiba speciosa memiliki duri besar di sepanjang batang-batangnya. Duri ini berfungsi sebagai perlindungan, yaitu untuk menghalangi makhluk-makhluk yang tak diinginkan memanjat ke cabang-cabangnya. Habitat alami pohon ceiba speciosa berada di kawasan Amerika Selatan, pohon ini tahan terhadap kekeringan dan dingin, dapat tumbuh cepat saat air berlimpah. Umumnya tinggi pohon bisa melebihi 25 meter.

Referensi :

Buku: Ensiklopedia Anak Cerdas Alam

Penerbit: Bhuana ilmu Populer 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2021 Hutan Itu Indonesia. All Rights Reserved.
cross