Bertualang ke Hutan Adat Kasepuhan Karang, Banten
July 31, 2018
Berani Terima Tantangan #CenderawasihChallenge?
September 30, 2018

Lestariku Lestarimu Juga, Perjalanan #CeritaDariHutan ke TN Gunung Leuser

Lestariku Lestarimu Juga, Perjalanan Cerita dari Hutan ke Taman Nasional Gunung Leuser

Oleh Sofian Noor

Lingkungan merupakan kondisi yang ada di sekitar manusia yang memberikan pengaruh terhadap kehidupan manusia, sedangkan lingkungan hidup adalah kesatuan ruang dengan benda dan kesatuan makhluk hidup termasuk manusia yang terlibat dalamnya. Manusia harus menyadari bahwa lingkungan merupakan sarana perkembangan hidup yang harus dijaga kelestariannya, di mana terdapat ekosistem yang menjadi tatanan unsur lingkungan hidup dalam kesatuan utuh menyeluruh dan saling bergantung membentuk keseimbangan, stabilitas, dan produktivitas lingkungan hidup.

Lingkungan alam Indonesia yang terdiri dari pegunungan dan hutan memang seharusnya dilestarikan, seperti Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) resor Ketambe di Aceh Tenggara yang baru-baru ini saya kunjungi bersama gerakan Hutan Itu Indonesia (HII). TNGL merupakan bagian dari Kawasan Ekosistem Leuser (KEL) dengan hutan asri yang indah mempesona dan telah menjadi salah satu objek wisata hutan hujan tropis yang dikenal oleh wisatawan mancanegara, di dalamnya terdapat ekosistem yang sampai sekarang masih terjaga dan dilestarikan oleh masyarakatnya dengan membagi wilayah TNGL ini menjadi dua kawasan yang difungsikan sebagai kawasan objek wisata dan objek penelitian.

Hutan Leuser juga terkenal karena kekayaan keanekaragaman hayatinya dengan berbagai jenis flora dan fauna yang unik dan endemik. Salah satu fauna yang saya temui dan membuat saya sangat terkesan ketika saya berada di dalam Hutan Leuser adalah Orangutan Sumatera. Saya berkesempatan untuk melihat langsung dua ekor orangutan yang melompat dari satu dahan ke dahan yang lain, kedua orangutan tersebut terdiri satu induk betina dan satu anak. Tidak hanya orangutan, Badak Sumatera, Harimau Sumatera, dan Gajah Sumatera juga menjadi satwa kunci Hutan Leuser. Hal yang paling unik yang saya temui di dalam Hutan Leuser ini adalah tempat pemandian air panas yang berada di tengah hutan, di mana air panas tersebut bersumber dari panas bumi bercampur dengan sumber air yang mengalir ke sungai.

Ketika kita berbicara tentang alam Indonesia yang sangat indah dan mempesona, kita juga dituntut untuk menjaga kelestarian lingkungan yang menjadi kewajiban sekaligus tanggung jawab kita bersama sebagai warga negara Indonesia. Melestarikan alam dan lingkungan tidak hanya menjadi tugas dari pemerintah terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup ataupun Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), tetapi ini adalah tugas kita bersama. Kewajiban ini sudah selayaknya kita jalani demi menjaga keseimbangan antara kita dan lingkungan sekitar kita, di mana kita harus bisa menciptakan kondisi simbiosis mutualisme atau dalam kata lain saling menguntungkan.

 

Untuk itu mari kita besama-sama menjaga dan melestarikan alam Indonesia di sekitar kita yang kita cintai, supaya apa yang kita miliki saat ini bisa juga dinikmati oleh anak cucu kita kelak. setidaknya ketika kita tidak bisa berbuat untuk menjaga dan melestarikan alam jangan kita merusak alam, karena sesungguhnya manusia yang berguna adalah manusia yang mampu bermanfaat untuk makhluk lain. ***