Kenali Hutan Mangrove Si Sabuk Pelindung Pantai

Dipublikasikan oleh admin pada 06 Sep 2021

Apakah mangrove sama dengan bakau?

Jelas keduanya istilah yang berbeda nih #SahabatHutan, mangrove didefinisikan sebagai varietas komunitas pantai tropik dan subtropik berupa pepohonan atau semak-semak yang tumbuh di daerah yang terkena pasang surut air laut. Istilah mangrove ini tidak hanya tertuju pada satu jenis spesies tertentu, tetapi mencakup semua pohon-pohon atau semak-semak di suatu kawasan yang terkena pasang surut air laut dan membentuk suatu komunitas. Sedangkan Bakau atau Rhizophora sp., merupakan salah satu spesies penyusun kawasan mangrove. Bakau merupakan jenis yang dominan menyusun ekosistem mangrove dan  umum  ditemukan di garis pantai, yang cenderung lebih dekat ke laut dari pada ke darat.

Dari data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun 2019, total luas hutan mangrove nasional mencapai 3.311.208 hektare dengan kawasan Papua sebagai area hutan mangrove terluas yaitu sebesar 1.497.724 hektare. Sedangkan dari jenisnya Indonesia sendiri tercatat memiliki 202 jenis mangrove data terdiri dari 9 jenis pohon, 5 jenis tanaman pemanjat, 44 jenis herba tanah, 44 jenis epifit (tumbuh pada tanaman lain), dan 1 jenis paku.

Kawasan hutan ini banyak sekali lho manfaatnya bagi kehidupan kita, simak apa aja sih manfaat dari kawasan hutan ini, yuk!

Melindungi dari banjir

Sebuah ilustrasi yang menunjukan dampak gelombang badai pada infrastruktur pantai dan masyarakat, dengan dan tanpa hutan mangrove. Credit: © World Bank and Punto Aparte

Kawasan hutan mangrove berperan melindungi manusia dengan cara yang unik, mulai dari menyediakan tempat berkembang biak ikan, penyimpanan karbon, hingga melindungi manusia dari banjir.

Tempat hidup biota laut

Ikan Gelodok yang menghabiskan hidupnya di perairan mangrove. Ikan lucu ini memiliki mata yang mononjol keluar, Ikan ini mampu berjalan dengan “kaki palsunya”- foto: Kanenori/Pixabay

Kawasan hutan mangrove adalah salah satu tempat yang paling nyaman bagi beberapa jenis makhluk hidup dan organisme. Beberapa spesies seperti udang, ikan dan kepiting banyak berkembang biak di kawasan ini.

Sumber pendapatan bagi masyarakat pesisir

Foto: Wahyu Chandra/Mongabay Indonesia

Hutan mangrove adalah tempat yang paling sesuai untuk pembibitan ikan, udang dan berbagai potensi habitat laut lainnya. Sumber daya alam tersebut dapat dimanfaatkan nelayan sebagai sumber mata pencahariannya.

Menghasilkan obat-obatan

Foto: Sippakorn/Pixabay

Beberapa jenis mangrove mulai dari kulit pohonnya, daun, buah, akar, bibit, dan batang digunakan untuk mengobati berbagai kondisi seperti penyembuhan luka, diare, sakit perut, diabetes, peradangan, infeksi kulit, konjungtivitis hingga sakit gigi.

Referensi:
[1] Presentasi KLHK Dalam Webinar “Development for Mangrove Monitoring
Tools in Indonesia" 6 Agustus 2020 dengan judul Peta Mangrove Nasional dan Status Ekosistem Mangrove di Indonesia.
[2] ”https://katadata.co.id/safrezifitra/berita/6107425f2bae7/10-manfaat-hutan-bakau-bagi-lingkungan-dan-kehidupan
[2] https://kkp.go.id/djprl/p4k/page/4284-kondisi-mangrove-di-indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2021 Hutan Itu Indonesia. All Rights Reserved.
cross