Kamu Penyuka Anime? Tapi Suka Juga Menjaga Lingkungan? Wajib Nonton Ini Yuk!

Dipublikasikan oleh admin pada 27 Mar 2021

Oleh : Balqis (Sukarelawan HII)

  • Mononoke hime : Harmoni alam dengan Manusia

Ketika sebuah desa Emishi diserang oleh setan babi hutan yang ganas, pangeran muda Ashitaka mempertaruhkan nyawanya untuk membela sukunya. Dengan nafas yang sekarat, binatang itu mengutuk lengan pangeran, memberinya kekuatan iblis. Ashitaka diperintahkan oleh tetua desa untuk melakukan perjalanan ke barat untuk penyembuhan, Ashitaka tiba di Tatara, Kota Besi, di mana dia menemukan dirinya terlibat dalam konflik sengit: Nyonya Eboshi dari Tatara, mempromosikan penggundulan hutan terus-menerus, berdiri melawan Putri San dan roh suci dari hutan, yang sangat marah atas kerusakan yang dibawa oleh manusia. Ketika kekuatan lawan dari alam dan umat manusia mulai berbenturan dalam perjuangan putus asa bertahan hidup, Ashitaka mencoba mencari harmoni di antara keduanya, sambil melawan iblis laten di dalam dirinya.

Princess Mononoke adalah kisah yang menggambarkan hubungan teknologi dan alam, sambil menunjukkan jalan menuju harmoni yang dapat dicapai dengan saling menerima.

  • Hotarubi no Mori e

Anime movie yang satu ini mengisahkan tentang seorang gadis muda yang jatuh cinta kepada roh penjaga hutan berwujud manusia bernama gin. Hotarubi no mori e dalam bahasa indonesia berarti "menuju hutan penuh cahaya kunang-kunang".

Hotaru Takegawa yang berusia enam tahun tersesat di hutan kuno saat mengunjungi pamannya. Hotaru sangat senang menemukan roh hutan bertopeng bernama Gin. Dia belajar dengan cara yang pahit bahwa dia tidak boleh menyentuh bocah itu, atau dia akan menghilang. Meskipun demikian, Gin memimpin Hotaru keluar dari hutan dan memperingatkannya untuk tidak kembali saat dia berjanji datang lagi dengan membawa hadiah. Tidak mempedulikan kata-kata peringatannya, dan meskipun dipisahkan oleh jarak dan alam keberadaan, Hotaru dan Gin menjadi teman dekat saat dia mengunjunginya setiap musim panas. Namun, hubungan dan tekad mereka diuji, ketika perasaan romantis bertentangan dengan satu-satunya aturan.

Berdasarkan manga Yuki Midorikawa dengan nama yang sama, Hotarubi no Mori e adalah kisah persahabatan dan kompromi dari dua orang yang seharusnya tidak pernah berpapasan, karena hidup mereka menjadi terjalin tanpa harapan.

  • Ookami kodomo no Ame to Yuki

Hana, seorang mahasiswa yang bekerja keras, jatuh cinta dengan seorang pria misterius yang menghadiri salah satu kelasnya meskipun dia bukan seorang siswa yang sebenarnya. Ternyata, dia juga bukan manusia sejati. Pada malam bulan purnama, dia berubah, mengungkapkan bahwa dia adalah manusia serigala terakhir yang hidup. Meski begitu, cinta Hana tetap kuat, dan keduanya akhirnya memutuskan untuk berkeluarga.

Hana melahirkan dua anak yang sehat — Ame, lahir saat hujan, dan Yuki, lahir saat hujan salju — keduanya memiliki kemampuan untuk berubah menjadi serigala, sifat yang diwarisi dari ayah mereka. Namun, terlalu cepat, kematian kekasihnya yang tiba-tiba menghancurkan hidup Hana, meninggalkannya untuk membesarkan keluarga yang aneh sepenuhnya sendirian. Stres dalam membesarkan anak-anaknya yang bersifat liar di kota yang padat penduduk, sambil merahasiakan identitas mereka, berujung pada keputusan untuk pindah ke pedesaan, di mana dia berharap Ame dan Yuki dapat hidup bebas dari penilaian masyarakat. Wolf Children adalah kisah mengharukan tentang tantangan menjadi ibu tunggal di dunia modern yang tak kenal ampun.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2021 Hutan Itu Indonesia. All Rights Reserved.
cross