Ini lho 3 Hutan Kota yang Bisa Kamu Kunjungi di Jakarta

Dipublikasikan oleh admin pada 12 Jun 2021

Hutan kota merupakan kawasan yang ditutupi pepohonan yang dibiarkan tumbuh menyerupai hutan lokasinya. Hutan kota punya manfaat mengurangi degradasi lingkungan di kota akibat dari proses pembangunan yang ada, selain itu menambah kualitas udara yang lebih sehat dan berfungsi sebagai tempat rekreasi.

Hutan kota sangat penting dalam menjaga keseimbangan ekologi manusia yakni berupa kebersihan udara, tersediahnya air tanah, pelindung dari terik matahari, serta menjadi tempat bagi satwa yang ada di kota. Dampak dengan adanya hutan kota bisa mengurangi banjir karena menjadi daerah resapan air saat hujan turun.

Di Jakarta Sahabat hutan dapat berkunjung ke hutan-hutan kota yang dapat menjadi tempat melepas penat dari hiruk pikuk pekerjaan yang sudah dilalui, nongkrong bareng teman komunitas sampai ke olahraga. Yuk, simak 3 rekomendasi hutan kota di Jakarta yang bisa sahabat hutan kunjungi!

  1. Utan Kemayoran

Bagi kamu warga Jakarta Utara dan sekitarnya, kamu wajib berkunjung hutan kota satu ini. Kawasan utan Kemayoran dilengkapi berbagai fasilitas publik seperti amphitheatre dan floating stage untuk pentas seni, menara pantau untuk melihat area hutan dari atas, hingga area pembibitan dan pengolahan kompos. Selain itu, fasilitas olahraga seperti jogging track juga sudah ada lho di utan Kemayoran.

Dokumentasi Utan Kemayoran | Sumber foto: Instagram/utankemayoran

Baca juga: Ini 6 Pohon Menakjubkan yang Ada di Dunia

  1. Hutan Kota Srengseng

Kawasan hutan seluas 15 hektar ini menjadi alternatif bagi kamu yang tinggal di Jakarta Barat dan sekitarnya, terutama yang ingin menikmati kesejukan dan segarnya udara di tengah kesibukan dan hiruk pikuk kota Jakarta. Di hutan kota Srengseng kamu bisa berkegiatan memancing di danau buatan, wall climbing, piknik dan ngopdar bareng komunitas kamu, seru kan!

Dokumentasi Hutan Kota Srengseng

Baca Juga: Kakek Suhendri Tolak 10 Milyar Demi Jaga Hutan

  1. Hutan Sangga Buana

Selain hutan kota GBK, taman honda di Tebet, Jakarta Selatan punya hutan kota bernama Sangga Buana, hutan kota ini terletak di bantaran sungai Pesanggrahan. Hutan kota Sangga Buana dilengkapi taman bermain anak, jogging track, tempat memancing, menikmati rumah-rumah adat betawi, hingga perpustakaan. Saat ini, sudah ada sekitar 60 ribu jenis pohon yang tumbuh di lahan seluas 120 hektar ini seperti pohon bambu, sukun, melinjo, belimbing wuluh, rambutan, nangka.

Dokumentasi Hutan Kota Sanggabuana | Sumber foto: liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2021 Hutan Itu Indonesia. All Rights Reserved.
cross