Ini Fakta Tentang Gunung Tertinggi di Indonesia, Cari Tahu yuk!

Dipublikasikan oleh admin pada 11 Dec 2021

Secara geografis, Indonesia berada di wilayah cincin api pasifik tempat pertemuan tiga lempeng tektonik dunia yakni Lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia dan Lempeng Pasifik, tak hayal bahwa Indonesia adalah negara yang rawan akan bencana alam seperti gempa bumi, letusan gunung berapi.

Geografis cincin api pasifik membuat Indonesia memiliki kekayaan gunung yang luar biasa di sepanjang kepulauan hingga bawah laut dengan keindahan yang beragam. Tapi tahukah kamu, puncak gunung tertinggi di Indonesia?

Jawabannya adalah Gunung Puncak Jaya Wijaya di Papua yang termasuk ke dalam Taman Nasional Lorentz, Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Puncak Jaya Wijaya Memiliki ketinggian 4.884 mdpl yang dikelilingi gletser. Gletser ini merupakan gletser yang ada di kawasan tropis, satu-satunya yang hanya dimiliki Indonesia.

Nah buat kamu yang ingin merencanakan pendakian ke Puncak Jaya, simak yuk beberapa fakta menarik tentang gunung ini.

  1. Punya beberapa nama
Foto : Bobo.id

Gunung ini dinamakan juga sebagai Cartenz Pyramid, penamaan ini diambil untuk menghormati orang pertama yang menemukannya pada tahun 1623 yakni Jan Cartenz, seorang petualang berkebangsaan Belanda. Selain itu nama Soekarno juga dijadikan sebagai nama puncak ini setelah pembebasan Irian untuk menghormati Presiden pertama RI saat itu.

2. Sebagai salah satu tujuh puncak di masing-masing benua

Foto : https://allthatsinteresting.com/tallest-summits

Puncak Jaya Wijaya menjadi salah satu gunung tertinggi di tujuh benua di Bumi seperti Everest, Aconcagua, Denali, Kilimanjaro, Elbrus, Gunung Vinson dan Carstensz Pyramid. Para pendaki yang sudah mencapai tujuh puncak ini dianggap sebagai pencapaian pendakian gunung yang menakjubkan karena masing-masing puncak memiliki geografi, kontur yang menantang.

Dilansir dari laman Adventure Consultants puncak ini dianggap sebagai lokasi pendakian paling eksotis, tebing curam batu kapur besar yang menjorok keluar dari hutan tropis menambah keindahan dari puncak ini.

3. Dianggap melawan hukum alam

Sejak awal ditemukan oleh Jan Cartenz, tidak banyak yang percaya terdapat salju dan gletser di wilayah tropis utamanya Indonesia, Jan Cartenz dianggap sebagai pembohong atas temuannya tersebut, hingga ratusan tahun mendatang temuan Jan Cartenz akhirnya terbukti.

Glester di Puncak Jaya terbentuk akibat dari tumpukan salju selama ratusan tahun, Gletser ini punya manfaat dalam memberikan suplai air tawar untuk kawasan sekitarnya. Di tahun 2016 ketebalan salju di puncak ini diprediksi sekitar 20,54 meter, dilansir dari BMKG Indonesia Gletser yang ada di Puncak Jaya Wijaya akan menghilang akibat dari pemanasan global.

Foto : Papua Inews.id

Demikian beberapa fakta unik tentang gunung tertinggi di Indonesia, yuk kita jaga terus kelestariannya! Nah buat kamu yang ingin melakukan pendakian ke Puncak Jaya, jangan lupa mempersiapkan diri dengan matang mulai dari sisi fisik, logistik, dan peralatan yang sesuai prosedur.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2022 Hutan Itu Indonesia. All Rights Reserved.
cross