Hutan Itu Indonesia Luncurkan Kampanye “Segala Dalam Jiwa” Mengangkat Manfaat Hutan Untuk Kesehatan Mental

Dipublikasikan oleh admin pada 19 Jul 2021

Jakarta 19 Juli 2021 – Hari ini, Hutan Itu Indonesia meluncurkan kampanye “Segala Dalam Jiwa” yang mengajak anak muda urban merasakan manfaat hutan untuk kesehatan mental. Kampanye ini adalah bagian dari rangkaian perayaan Hari Hutan Indonesia, 7 Agustus 2021.

“Pandemi Covid-19 telah berdampak besar bagi kehidupan kita. Dalam situasi darurat kesehatan mental, prioritas untuk mengurangi penyebaran virus dengan mengurangi interaksi sosial secara drastis dengan orang-orang terkasih membuat kita terisolasi, kesepian, dan mudah cemas. Ini rentan membuat kita panik, tertekan, frustasi, dan emosi. Apalagi  menghadapi ketidakpastian kapan pandemi akan berakhir dan situasi kembali membaik. Terkoneksi kembali dengan alam adalah salah satu rekomendasi para ahli untuk mengembalikan kesehatan mental,” kata Rinawati Eko, Ketua Umum Gerakan Hutan itu Indonesia.

Rina menambahkan lagi, “Kampanye ‘Segala Dalam Jiwa’ mengingatkan kita untuk terhubung dengan alam. Tanpa perlu datang ke hutan, kita tetap bisa mendekatkan diri, berekspresi, dan menyuarakan pentingnya hutan, mulai dari rumah, mulai dengan membeli produk hasil hutan lestari, mulai ikut mengadopsi hutan melalui donasi, atau sekadar merasakan keteduhan yang dibawa tanaman dan pepohonan  di sekitar rumah.”

Hutan itu Indonesia mengajak kita semua untuk mencari tahu lebih detail soal kampanye “Segala Dalam Jiwa” melalui situs https://hutanitu.id/segala-dalam-jiwa/ dan mengunduh buku elektronik bertema Hutan itu Menenangkan Jiwa hasil kolaborasi dengan Yayasan Alam Sehat Lestari (ASRI) dan Healing Forest ID.  

Dinda Kirana, artis muda tanah air, ikut serta berbagi pengalaman saat berada di hutan. “Alam membuat damai. Selalu mengajak kita untuk slow down. Menikmati setiap momen. Membawa kita kepada perasaan yang lebih tenang. Seolah waktu berjalan begitu lambat. Sejatinya manusia merupakan satu kesatuan dari alam itu sendiri. Manusia dan alam seharusnya mampu saling menyembuhkan dan saling menjaga keseimbangan. Alam sangat memberikan manfaat, baik secara fisik maupun psikologis,” kata Dinda.

Kampanye “Segala Dalam Jiwa” selaras dengan Hari Hutan Indonesia 2021 yang mengangkat tema “Kita Jaga Hutan, Hutan Jaga Kita”. Selayaknya hutan yang memberikan manfaat tanpa pandang bulu, kolaborasi untuk jaga hutan yang notabene sumber dari segala obat-obatan juga perlu dilakukan secara gotong royong. Tahun lalu, Hari Hutan Indonesia didukung oleh 140 mitra dari berbagai isu dan kelompok, serta 250 orang pasukan digital.

Rangkaian kegiatan seru perayaan Hari Hutan Indonesia tengah berlangsung sejak 14 Juli 2021 hingga 31 Oktober 2021, mulai dari tantangan #melukpohon, kegiatan yoga, meditasi, diskusi seru tentang hutan dan kesehatan jiwa, dan puncaknya adalah konser musik “Segala dalam Nada” yang akan dimeriahkan musisi ternama tanah air pada tanggal 7 Agustus. Selain itu, di bulan Oktober akan ada peluncuran webseries “Segala Dalam Diam” pada Hari Kesehatan Jiwa.

***

Untuk informasi lebih lengkap:

Andrian Pramana

adrian@hutanitu.id

62 85 860 850 638

Copyright © 2021 Hutan Itu Indonesia. All Rights Reserved.
cross