Haji Amin Kelaru, Cerita Legenda Asal Kalimantan Tengah

Dipublikasikan oleh admin pada 30 Oct 2021

Sudah pernah mendengar legenda asal Kalimantan Tengah ini Sahabat Hutan? Cerita legenda ini didapatkan saat Hutan Itu Indonesia berada di Katingan, Kalimantan Tengah syuting serial Segala dalam Diam beberapa waktu lalu.

Penasaran dengan kisahnya? Simak yuk!

Sungai Kelaru adalah sungai di wilayah Desa Telaga, sebuah sungai sepanjang 36 Km yang berhulu di daerah kilometer 25 jalan Kasongan-Sampit, Kalimantan Tengah. Sungai ini juga lekat dengan cerita legenda Haji Amin Kelaru seorang tokoh dari Suku Dayak, beberapa sumber juga menyatakan bahwa ia adalah seorang datuk.

Haji Amin Kelaru dipercaya menghuni Sungai Kelaru di sebuah Alun-alun Terantang, Alun-alun Terantang ini merupakan sebuah padang pasir putih yang indah seperti tak berujung, jika malam hari tempat ini seperti sebuah kota, terang benderang.

Alun-Alun Terantang

Konon Haji Amin adalah seorang saudagar yang dikenal menguasai beberapa wilayah seperti Pantai Kalap, Pantai Cemeti, dan Batu Mandi tempat berlabuh kapalnya. Ia memiliki ilmu putih (istilah yang digunakan untuk kebaikan) yang bisa menyembuhkan orang sakit.

Di balik cerita legenda yang ada, Sungai Kelaru menyimpan sumber daya alam yang melimpah. Ada banyak spesies ikan sungai lokal di sini seperti ikan toman. Sungai Kelaru sudah menjadi napas bagi kehidupan nelayan tradisional dan masyarakat sekitar sejak turun temurun sampai saat ini.

Tonton perjalanan Dinda Kirana dalam serial 'Segala dalam Diam' yang menjelajahi keindahan panorama alam dan hutan di Katingan, kamu bisa tonton episode 1-3 lewat kanal Youtube Dinda Kirana

Referensi:
[1]https://dayaknews.com/artikel/menyusuri-sungai-kalaru-yang-melegenda-dan-mistis-bagian-1/
[2] Youtube A Yunk dengan judul Explore Sungai KALARU, Cerita Singkat Tentang H Amin KALARU
[3] Youtube Bawi Kahayan dengan judul Amin Kelaru, Tokoh Dayak Over Power yang Pernah Melawan Nyi Roro Kidul
[4] Tokoh Masyarakat Desa Telaga - Duwak Rahmanto

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Copyright © 2021 Hutan Itu Indonesia. All Rights Reserved.
cross