Kompetisi #CeritaDariHutan
May 11, 2018
Lebih dari 20 Artis Mendukung Petisi #JagaHutan agar Indonesia Memiliki Hari Hutan Indonesia
May 23, 2018

FOREST FESTIVAL “RAYAKAN HUTAN INDONESIA”: Kolaborasi Orang Muda untuk Hutan Indonesia

Jakarta, 11 Mei 2018 – Gerakan Hutan Itu Indonesia (HII) bersama dengan Unika Atma Jaya dan Sekolah Tinggi Carolus menyelenggarakan kegiatan “Rayakan Hutan Indonesia” pada tanggal 11 dan 13 Mei 2018 di kampus Unika Atma Jaya, yaitu klinik dan stan “Belajar dari Hutan”, Diskusi Interaktif Rayakan Hutan Indonesia serta Peluncuran Kompetisi Cerita dari Hutan. Seluruh rangkaian acara ini bertujuan untuk memperluas kecintaan terhadap hutan Indonesia melalui kolaborasi institusi pendidikan dan jejaringnya.

“Kolaborasi antara HII dan kedua institusi ini diharapkan mampu menjangkau komunitas baru di luar kalangan pecinta dan aktivis lingkungan hidup dengan contoh aksi yang dapat dengan mudah dilakukan orang muda Jakarta dan perkotaan pada umumnya. Semoga dengan mengalami rasanya terhubung dengan hutan, menggali cerita menakjubkan dari dalam hutan, dan menyampaikan pesan positif dari hutan akan memicu kebutuhan, inisiatif, dan semangat beraksi kawan-kawan orang muda dari berbagai latar belakang untuk mencintai hutan,” jelas Leony Aurora, Ketua Gerakan HII.

Pada hari ini, Jumat, 11 Mei 2018, diawali dengan klinik dan stan “Belajar dari Hutan” yang mengajak mahasiswa dan pengunjung untuk mengenal produk budaya yang berasal dari hutan, seperti pewarna tenun alami, berbagai jenis kopi, dan rempah-rempah. Mereka bisa mendapatkan tip dan panduan merekam pesona alam di hutan, dan mempelajari tip menulis cerita dari jalan-jalan ke hutan Indonesia yang eksotis dan kaya sumber daya supaya bisa menjadi konten menarik di blog atau media sosial.

Siang hari diisi dengan diskusi interaktif “Rayakan Hutan Indonesia” yang mengupas kekayaan hutan Indonesia dan aksi sederhana yang dapat kita lakukan sebagai warga perkotaan. Acara ini juga dihadiri oleh Helmi Basalamah, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM (BP2SDM), serta ibu Julianti Siregar, dari Direktorat Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Chandra Kirana, Dewan Pembina Yayasan Kehati serta Ramon Y Tungka, actor dan presenter acara petualangan My Trip My Adventure. “Ada banyak cara yang dapat dilakukan mahasiswa seperti kami untuk turut mencintai dan menjaga hutan Indonesia. Salah satunya melalui acara seperti ini, menyebarkan cerita tentang hutan dan mendukung petisi maupun aksi nyata seperti adopsi pohon. Walaupun hutannya jauh, kita juga bisa berkontribusi menjaga mereka,” jelas Hanni Wijaya, Ketua Panitia Rayakan Hutan 2018. Ia menambahkan, “Kami harap kegiatan kami ini dapat menginspirasi lebih banyak mahasiswa dan orang muda lain untuk secara kreatif dan dengan cara sederhana dapat menunjukkan kecintaannya pada hutan Indonesia.”

Pada rangkaian acara ini juga diluncurkan kompetisi blog dan fotografi “Cerita dari Hutan” yang merupakan kompetisi publik dan terbuka yang digagas oleh Hutan itu Indonesia untuk menandai berawalnya program Cerita Dari Hutan. Kompetisi ini mengajak public untuk mengunjungi lokasi hutan di Indonesia menceritakan perjalanan ke hutan Indonesia dalam bentuk artikel dan foto atau video. Pemenangnya nanti akan diajak berpetualang ke salah satu taman nasional yang memiliki spesies kunci dan berinteraksi dengan masyarakat adat secara langsung selama 4 hari.

“Rayakan Hutan Indonesia” juga didukung oleh Forum Mahasiswa Perguruan Tinggi Katolik Indonesia, Yayasan Sekar Kawung, Kedai Jatam, Komunitas Sebumi, INFIS (Indonesia Nature Film Society), para sukarelawan, dan media kampus, seperti seputarkampus.com, kampusupdate.com, dan Info Pensi.

Kontak Media Hutan Itu Indonesia
Sheridan Olenka; 081281562762; sheridan.olenka@gmail.com

 

Tentang Hutan Itu Indonesia
Hutan Itu Indonesia merupakan gerakan yang percaya akan kekuatan pesan positif untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya hutan untuk kita semua dan bagaimana kita bisa berkontribusi untuk melindungi hutan Indonesia. Hutan Itu Indonesia merupakan gerakan yang terbuka untuk semua pihak yang ingin bergabung, baik langsung di dalam organisasi maupun melalui kolaborasi untuk kegiatan bersama atau inisiatif lain yang sejalan. Hutan itu Indonesia memiliki dukungan dari 40 mitra yang tersebar di seluruh Indonesia dan 380 sukarelawan.

Informasi lebih lengkap:
Facebook: @hutanituindonesia
Instagram: @hutanituid
Twitter: @hutanituid