Dukungan Sahabat Hutan untuk Hutan Itu Indonesia

Dipublikasikan oleh admin pada 07 Jul 2022

Koneksi kita dengan hutan sang sumber kehidupan begitu erat, harus menjadi penyemangat untuk kita berkolaborasi, karena kami percaya bahwa semua orang bisa #JagaHutan. Penyaluran donasi dibantu oleh mitra lokal untuk kemudian diterima oleh masing-masing penjaga hutan di berbagai wilayah hutan di Indonesia.

Berikut 2 cara Hutan Itu Indonesia menyalurkan donasi:

  1. Menjalankan program dan aktivitas kampanye:

Hutan Itu Indonesia menyebarluaskan informasi tentang hutan melalui berbagai platform digital juga aktivitas luring bersama mitra dan sukarelawan. Tujuannya agar anak muda terbiasa dengan kata ‘pelestarian hutan’,  sehingga hutan menjadi isu utama di dalam pikiran kita semua. Harapannya, seringnya informasi positif yang kami sebarkan akan meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya menjaga hutan dan ekosistem di dalamnya. 

Anak muda di perkotaan dapat menyuarakan kampanye #JagaHutan di media sosial, dan dapat terlibat langsung dengan bergabung menjadi sukarelawan melalui program peningkatan kapasitas Kelas Suka Hutan dan Hore Hutan.

Hutan adalah sumber kehidupan, yang di dalamnya menyimpan bahan-bahan pangan maupun obat-obatan yang tumbuh subur di dalam hutan, semuanya hidup saling menopang dan menjadi bagian dari kebutuhan kita sehari-harinya, kami menyebutnya sebagai #PesonaHutan. #PesonaHutan kami kampanyekan dengan mengajak publik mengonsumsi hasil hutan bukan kayu yang diproduksi masyarakat di sekitar hutan, sehingga kita turut membantu kesejahteraan mereka sekaligus tetap menjaga pesona di dalamnya.

Sebagai bentuk cinta kepada hutan Indonesia, kami menginisiasi Hari Hutan Indonesia yang berkolaborasi dengan mitra lainnya sebagai bentuk refleksi akan pentingnya hutan bagi kehidupan. Melalui momen tersebut setiap tanggal 7 Agustus,  seluruh mata, pikiran, dan usaha masyarakat Indonesia ditujukan untuk menjaga hutan Indonesia agar tetap kaya dan bermanfaat bagi semua.

Setiap hutan punya cerita, dengan karakteristik dan khasnya di setiap tempat dan daerah. Cerita indah ini kami hadirkan dan kami kemas dalam bentuk karya seperti video, lagu, buku cerita, foto bercerita, games, dan masih banyak lagi.

  1. Penyaluran donasi untuk program konservasi & restorasi hutan:

Upaya dalam mendukung aktivitas konservasi dan restorasi hutan, berkolaborasi dengan mitra-mitra di daerah yakni KKI WARSI, Yayasan ASRI serta mitra lainnya di seluruh kawasan hutan Indonesia, yang kemudian disalurkan kepada penjaga hutan (kelompok masyarakat sekitar hutan). Penjaga hutan akan melakukan patroli, monitoring, survei dan pendataan pada area pohon tegak maupun pohon muda, yang kemudian mereka akan membuat sebuah tanda (tagging) beserta kelengkapan data dari pohon yang akan diadopsi. Proses survei pendataan, dan tagging biasanya memakan waktu hingga 30 hari kerja, sehingga setelah laporan dokumentasi dan data pohon kami terima, data akan masuk ke tahap pembuatan laporan Adopsi Hutan untuk selanjutnya kami diseminasi kepada donatur. 

Area kawasan Adopsi Hutan yakni bagian dari hutan adat/hutan desa/perhutanan sosial yang dijaga langsung oleh masyarakat sekitar. Selain patroli hutan, masyarakat juga mendapatkan manfaat dari menjaga hutan. Adopsi Hutan membantu mewujudkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kapasitas masyarakat dan mendukung usaha mandiri masyarakat di kawasan hutan untuk menjaga hutan tersebut. 

Dukung Hutan Indonesia Yang Merupakan Kebanggaan Kita Sebagai Hutan Hujan Tropis Terbesar Ke-3 Di Dunia!

Kini, lebih dari 3470 pohon telah teradopsi, 672 sukarelawan yang tersebar di 11 provinsi telah bergabung, lebih dari 188 lebih mitra lintas isu berkolaborasi, serta 22 karya dari 15 lokasi hutan lahir melalui rangkaian kampanye Hutan Itu Indonesia. Dengan berdonasi melalui Hutan Itu Indonesia, kamu tidak hanya membantu menyuarakan aksi #JagaHutan, tapi juga menjaga luasan hutan kita beserta ekosistem di dalamnya tetap terjaga. Sampai saat ini 100% semua dana penggalangan dana publik tidak digunakan untuk operasionalisasi organisasi seperti gaji, dan lain-lain, melainkan murni digunakan untuk mendanai aktivitas kampanye pelestarian hutan. Penyaluran donasi dan laporan kami informasikan secara rutin.

Berikut beberapa laporan penyaluran donasi Hutan Itu Indonesia tahun 2022:

Baca juga Q&A program donasi Hutan Itu Indonesia dan dampak kerja Hutan Itu Indonesia tahun 2021:

Mari bersama kita #JagaHutan, karena kami percaya bahwa HUTAN UNTUK SEMUA, SEMUA ORANG BISA #JAGAHUTAN.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Copyright © 2022 Hutan Itu Indonesia. All Rights Reserved.
cross