Patungan THR Untuk Penjaga Hutan

Rp. 100.000.000
Terkumpul
Rp. 20.000.000
Target

Donasi kamu merubah segalanya!

Anda juga bisa menyalurkan donasi a.n Perkumpulan Hutan Itu Indonesia melalui:

  • Bank Mandiri 127-00-0009877-0

Konfirmasi donasi anda melalui email: info@hutanitu.id

Ini adalah laman web yang aman. Kami tidak menyimpan informasi kartu kredit donor dan tunduk pada kebijakan privasi Hutan Itu Indonesia. Seluruh donasi yang terkumpul akan digunakan sepenuhnya untuk seluruh program kampanye Hutan Itu Indonesia. Selengkapnya.

Formulir Dukungan
Nama Depan
Nama Depan
Alamat Email
Nomor Hp
Pilihan Donasi

PATUNGAN THR UNTUK PENJAGA HUTAN

Periode April 2023

Bantu para Penjaga Hutan dapat lebih layak merayakan hari raya, melalui bingkisan lebaran berupa kebutuhan pokok dan perlengkapan kerja patroli hutan.


Namanya Pak Hadia Jaya atau biasa dipanggil Pak Maya. Pada 2023 ini usianya memasuki angka ke-48 tahun. Pak Maya merupakan salah satu Penjaga Hutan di Desa Rantau Kermas, Jambi. Beliau sudah mendedikasikan sebagai Penjaga Hutan kurang lebih 6 tahun lamanya. Pak Maya sadar akan pentinganya hutan bagi kehidupan kita.



Dengan menjaga hutan, Pak Maya percaya bahwa sawah tidak akan kekeringan dan kekurangan air sehingga sawah dapat terjaga dan ketahanan pangan pun terjaga. Selain itu, Pak Jahardin atau Pak Rada (42 tahun) yang sudah 6 tahun juga menjadi penjaga hutan merasa terbantu dengan adanya hutan karena di hutan Desa Rantau Kermas saat ini aliran listriknya berasal dari PLTMH yang menyala 24 jam namun biaya sangat terjangkau, hal tersebut juga menjadi motto di desa tersebut: "Lampunyo nyalo, karno rimbo tajago. Lampunyo terang, rimbonya jangan ditebang. Rimbo merupakan penyangga kehidupan yang akan datang."




Ada juga salah satu Penjaga Hutan di Desa Air Tenam, Bengkulu Selatan, Beliau adalah Pak Sarno yang merupakan pendatang ke Air Tenam pada 1990-an untuk berladang, wilayah itu kemudian menjadi tempat persinggahan untuk beristirahat oleh orang-orang dari kampung lain yang ladangnya jauh dari tempat mereka tinggal.




Patungan THR Penjaga Hutan merupakan bentuk dukungan kepada para penjaga hutan. Merekalah yang selama ini hadir mewakili kita untuk menjaga dan memastikan hutan tetap berdiri.


Seperti di area hutan binaan KKI WARSI, Total penjaga hutan per desa sekitar 3-5 orang. Para Penjaga Hutan akan melakukan monitoring kehutan 2-4 minggu sekali. Setiap kali melakukan perjalanan ke hutan, mereka akan membawa perlengkapan seperti tenda dan matras, GPS dan powerbank, senter, dll. Tidak terlewat mereka juga wajib menggunakan sepatu boots dan rompi identitas patroli. Tidak jarang mereka tiba-tiba harus menginap ditengah hutan karea area hutan yang luas, yang tidak cukup waku untuk dijelajahi dengan waktu singkat. Minimal butuh waktu 2 jam untuk tiba di area pinggir hutan dengan beragam medan yang harus ditempuh. Tidak jarang dari mereka ada yang tiba-tiba terpeleset karena jalanan yang licin atau sangat terjal.


Melalui patungan THR untuk Penjaga Hutan ini, kita dapat membantu memastikan perlengkapan yang mereka bawa dan kenakan dapat mendukung dan memberikan perlingdungan pertama selama melakukan monitoring di hutan.


Patungan THR penjaga hutan hanya akan berlangsung dari April 2023 saja selama momentum Ramadhan. Di akhir periode, kami akan menyalurkan bantuan tersebut dalam bentuk barang dan kebutuhan pokok.


Yang saat ini mereka butuhkan adalah
1. Tenda, plus matras untuk menginap di hutan
2. Sepatu boots
3. Rompi identitas patroli
4. Topi
5. GPS
6. Powerbank

7. Senter

8. Paket lebaran berupa kebutuhan pokok



Mari raih keberkahan Ramadhan dengan membantu sesama melalui kebutuhan pokok para penjaga hutan untuk dapat terus melakukan monitoring di hutan dengan perlengkapan memadai demi kenyamanan dan keselamatan.


Kenapa Harus Mendukung

Melalui patungan THR untuk Penjaga Hutan ini, kita dapat membantu memastikan perlengkapan yang mereka bawa dan kenakan dapat mendukung dan memberikan perlingdungan pertama selama melakukan monitoring di hutan.

Yang saat ini mereka butuhkan adalah
1. Tenda, plus matras untuk menginap di hutan
2. Sepatu boots
3. Rompi identitas patroli
4. Topi
5. GPS
6. Powerbank
7. Senter

Baca lebih lanjut