Ikatan Cinta Antara Hutan dengan Diri, Refleksi untuk Beristirahat

Dipublikasikan oleh admin pada

Kalau ditanya kenapa Ikatan Cinta Hutan? Jawabanya hutan sejatinya menjadi bagian dari diri kita, dikutip dari Adji Santosoputro dalam talkshow dan meditasi Ikatan Cinta, kata hutan dalam bahasa Inggris yakni forest tapi kalau diartikan lebih dalam kata itu menjadi for-rest (untuk beristirahat) maka hutan jadi tempat mereflesikan diri kita sebagai manusia.

Dalam mereflesikannya, kita perlu mengetahui apakah kita benar-benar sadar menjadi bagian dari ekosistem alam ini? Saat benar-benar sadar, kita tidak akan pernah menyakiti ekosistem alam, saat menyakiti ekosistem di mana manusia hidup di dalamnya sama artinya menyakiti diri manusia itu sendiri.

Baca Juga : Kamu Penyuka Anime? Tapi Suka Juga Menjaga Lingkungan? Wajib Nonton Ini Yuk!

Manusia sejatinya menjadi makhluk yang paling pintar, saat pusat pikiran kita mindless menjadikan manusia sombong dan merasa paling hebat di alam semesta dan cenderung menjadi serakah di tengah kesibukan kita mencari apapun di dunia yang pada akhirnya memunculkan ego dan ketidakseimbangan untuk alam.

Sesekali diri kita perlu beristirahat dari kelelahan perhatian yang sejatinya manusia alami di era modern saat ini, kelelahan akan banyaknya perhatian yang kita kerjakan membuat tubuh serta mood kita cenderung ingin menyelamatkan diri karena merasa terancam. Perasaan keterancaman ini menjadikannya sebagai lingkaran yang tak berkesudahan. Perlu sekali meluangkan waktu minimal keluar rumah sebentar, lalu memandangi langit dan melihatnya sejenak, kemudian memikirkannya kalau manusia hanyalah bagian kecil dari semesta yang amat besar ini.

Hutan Buru Masigit, Kareumbi di Cicalengka, Bandung. Dok HII

Mereflesikan hal ini penting sebagai buah pikiran peran manusia dalam ekosistem di mana ia tinggal dan menikmati banyak anugerah yang telah Tuhan berikan, salah satunya ekosistem alam dan hutan yang saling memberi dan mengasihi satu sama lain.

Baca Juga: Kenali 3 Fakta Menarik Keberadaan Hutan Hujan Tropis

Bayangkan, hutan memberi banyak hal bagi manusia modern seperti obat-obatan, pangan, harmonisasi makhluk-makhluk yang tinggal di dalamnya, dan menjadi pelindung manusia dari krisis iklim. Sudah saatnya for-rest supaya semakin sadar akan peran kita sebagai manusia menjaga ekosistem hutan yang amat penting bagi keberlangsung manusia itu sendiri di masa depan.

Mari jaga pesona hutan Indonesia dengan cinta, untuk merubah segalanya!


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *