fbpx

Gotong Royong Rayakan Hari Hutan Indonesia dengan Adopsi Hutan

Dipublikasikan oleh admin pada

Jakarta, 7 Agustus 2020: Lebih dari 100 organisasi dan komunitas berkolaborasi bersama untuk Hari Hutan Indonesia yang dirayakan hari ini, tanggal 7 Agustus. Tanggal ini sengaja dipilih sebagai momen refleksi bersama masyarakat Indonesia karena persis setahun yang lalu Instruksi Presiden Nomor 5 Tahun 2019 mengenai Penghentian Pemberian Izin Baru dan Penyempurnaan Tata Kelola Hutan Primer dan Lahan Gambut disahkan oleh Presiden Jokowi untuk berlaku permanen. Komitmen nyata dalam menjaga hutan ini perlu kita ingat dan kawal bersama, apalagi bulan Agustus identik dengan bulan yang penuh semangat nasionalisme menuju peringatan hari Kemerdekaan Indonesia. Hari Hutan Indonesia akan menambah hari-hari penting nasional yang telah ada, yang relevan dengan hidup kita
semua, dan layak untuk kita rayakan.

Program Pohon Asuh dari KKI WARSI yang menjadi target untuk #AdopsiHutan

Nadine Alexandra, artis Indonesia yang ikut berpartisipasi sebagai sukarelawan pendukung Hari Hutan Indonesia mengungkapkan bahwa, “Dibawah payung kata ‘hutan’, ada ribuan spesies pohon, tanaman dan tumbuhan, serangga, dan hewan yang tidak bisa ditemukan di negara lain. Mungkin buat para penduduk kota besar, sepertinya hutan jauh dengan hidup kita. Apa yang terjadi dengan hutan tidak akan berdampak ke kita dan apa yang kita lakukan di kota tidak akan sampai ke hutan.

Tapi, jauh itu hanya di mata karena sebenarnya hubungan antara kita dengan hutan sangat dekat sekali.”Adanya Hari Hutan Indonesia berarti memperingati satu hari khusus dalam setahun yang dipakai untuk merayakan keindahan, kekayaan, dan kemegahan hutan Indonesia, serta bersyukur atas manfaat hutan
yang selama ini bisa kita nikmati ketika manusia dapat hidup harmonis dengan alam, seperti, air dan udara bersih, sumber pangan dan obat-obatan, akar budaya berbagai suku bangsa Indonesia, hingga fungsi hutan sebagai penyerap karbon, dan penjaga iklim dunia.

“Perayaan Hari Hutan Indonesia tahun 2020 mengangkat tema ‘Hutan Kita Juara’ untuk mengingatkan kita semua bahwa Indonesia adalah bangsa juara, salah satunya karena hutannya yang terluas ketiga di dunia. Agar prestasi ini terus bertahan, perlu ada aksi bersama dari kita semua, sebagai warga negara yang baik, untuk melindungi hutan dan keanekaragaman hayatinya dengan mendukung upaya konservasi yang dilakukan masyarakat dalam menjaga hutan,” ujar Andre Christian, Ketua Hutan itu Indonesia, gerakan yang memulai petisi untuk diresmikannya Hari Hutan Indonesia sejak tahun 2017 dan ditandatangani oleh hampir 1,5 juta orang. Petisi ini menjadi salah satu petisi terpopuler di platform Change.org dan telah diserahkan ke Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ibu Siti Nurbaya Bakar.

Berangkat dari petisi ini, anak muda Indonesia sebagai bagian besar penandatangan petisi mengajak untuk bergerak bersama melakukan aksi nyata dalam melestarikan hutan, salah satunya dengan berkontribusi ikut menjaga hutan dengan “Adopsi Hutan” melalui kitabisa.com, dimana donasi yang terkumpul akan disalurkan kepada organisasi pendamping masyarakat sekitar hutan yang masih menjaga hutan agar lestari.

“Dana adopsi hutan nantinya akan diserahkan kepada para komunitas yang melakukan penjagaan hutan di 10 lokasi hutan, mulai dari Sumatera hingga Nusa Tenggara. Dana akan digunakan untuk aktivitas memastikan kelestarian hutan seperti patroli, pengembangan masyarakat sekitar hutan, termasuk juga mendukung pendidikan dan kesehatan masyarakat sekitar hutan.” Tambah Andre Christian.

Pada hari Jumat, tanggal 7 Agustus ini, publik juga secara serentak diajak untuk melakukan kampanye perlindungan hutan bersama melalui media sosial sambil ikut menyaksikan tayangan langsung acara perayaan Hari Hutan Indonesia melalui kanal YouTube Hari Hutan Indonesia mulai pukul 16.00 WIB.

Terdapat beberapa pengisi acara seperti Nadine Alexandra, Arif Brata, Shae, Pongki Barata, Valerie dan Veronika (The Twins), Ramon Tungka, Arsha dan AMSB serta pengisi acara lainnya dari para kolaborator organisasi dan komunitas yang turut serta meramaikan.

***

Kontak Media Hari Hutan Indonesia: Christian Natalie; 0851-5767-3223

Cara bergabung dalam perayaan Hari Hutan Indonesia?

• Tertarik menjadi sukarelawan digital? Silakan daftar
di: https://bit.ly/gabungjadisukarelawanHHI
• Tertarik menjadi kolaborator? Silakan daftar
di: https://bit.ly/KonfirmasiKolaboratorHHI

Informasi lebih lanjut:

Website www.harihutan.id | Email harihutan.id@gmail.com | Youtube Hari Hutan Indonesia


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *