Climate Communication Forum #6 Cara Kreatif Kampanye Peduli Lingkungan

Dipublikasikan oleh admin pada

Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia tanggal 5 Juni 2020 Center for Public Relations, Outreach and Communication (CPROCOM) mengadakan seminar berbasis online (27/05) bertemakan “Cara Kreatif Kampanye Peduli Linkungan” yang dibuka oleh Wali Kota Bogor, Dr. Bima Arya Sugiarto. Hutan itu Indonesia sendiri, diwakili oleh Andre Christian selaku ketua umum.  Di samping pembicara lain yakni Ir Yatri Indah Kusumastuti, M.S (Kepala Biro Komunikasi IPB University), Dr. Dwinita Larasati, M.A (Climate Reality Leader), Ade Kadarisman (Dosen FIKOM UNPAD), Didie Diah N (Co-founder Petualang Inspiratif) dan dimoderatori oleh Dr. Emilia Bassar, CEO  CPROCOM.

 

Andre Christian, menjelaskan kita sebagai orang Indonesia perlu menjadikan hutan Indonesia sebagai sebuah identitas bangsa. Tidak hanya karena luas hutan kita adalah yang ketiga terluas di dunia, setelah Brasil dan Kongo, tetapi juga karena hutan kita ini dihuni oleh berbagai masyarakat adat yang memiliki filosofi dan kehidupan yang menarik untuk ditelusuri. HII mengambil sudut pandang positif dengan menggali manfaat yang didapat dari hutan, terutama bagi manusia. Kata Kak Andre, hal yang paling penting agar seseorang bisa ikut bertanggung jawab adalah karena ia mengetahui manfaat bagi dirinya. Tentunya, HII tidak bisa berjuang sendiri sehingga kolaborasi dengan mitra-mitra lain, seperti komunitas keagamaan, yoga, musik, lari, serta 300 orang sukarelawan yang tersebar di seluruh Indonesia sangat dibutuhkan.

Kak Andre juga berbagi poin-poin agar kampanye lingkungan dapat dikenal dan diminati oleh target. Caranya dengan berusaha sealami mungkin, dengan mengenali kebiasaan dan kesukaan anak muda perkotaan yang menjadi target kampanye HII. Contohnya, kebiasaan orang perkotaan yang memakai masker saat bepergian menjadi sebuah peluang untuk mengampanyekan tentang hutan sehingga dibuatlah masker “Hutanku Napasku”.

Selanjutnya, pesan yang ingin disampaikan juga sebaiknya sederhana, tetapi jelas, terlebih lagi targetnya adalah anak muda perkotaan yang kebanyakan masih awam terhadap hutan dan lingkungan. Jangan lupa juga untuk terus up-to-date dan mengikuti tren yang ada. HII juga berencana mengampanyekan isu hutan melalui tren mobile game yang begitu diminati anak muda

 

Ditulis : Karuna Devi

Editor : Andrian Pramana


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *