Pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan soal Hutan Itu Indonesia. Yuk, kenal kami lebih dekat!

 
1Apa sih Hutan Itu Indonesia ?
Hutan itu Indonesia adalah gerakan terbuka yang terdiri dari orang muda, organisasi dan komunitas yang melakukan kampanye cinta hutan dengan cara menyebarkan pesan-pesan positif bahwa hutan Indonesia itu kaya dan keren banget! Lewat caranya yang kreatif, menyenangkan dan kolaboratif, Hutan itu Indonesia percaya bahwa semua orang dengan caranya masing-masing bisa ikut melestarikan hutan Indonesia. Asyik kan?
2Kapan HII berdiri?
Hutan Itu Indonesia berdiri sejak 22 April 2016.
3Kenapa HII bisa terbentuk?
Berawal dari hasil penelitian tentang konsumen Indonesia pada 2015 yang menunjukkan bahwa hutan sesungguhnya tidak dianggap penting oleh mayoritas responden. Kebanggaan masyarakat Indonesia secara umum sebagai negara dengan hutan hujan tropis ketiga terbesar di dunia juga belum nampak. Padahal kalau tidak ada hutan, Indonesia tidak akan menjadi sekaya dan seberagam sekarang, lho. Frase ‘zamrud khatulistiwa” yang menggambarkan karakter unik Indonesia sebagai negara dengan hutan yang lebat dan sehat sangat pas untuk dipakai, tapi sudah lama tidak terdengar. Kami bermimpi untuk mengembalikan kejayaan itu.
4Organisasi lingkungan hidup sudah banyak, kenapa HII perlu ada?
Gerakan Hutan Itu Indonesia justru berharap untuk dapat terbentuk dari berbagai gerakan lingkungan yang sudah ada, terutama dengan cara kampanye yang positif, kreatif dan menyenangkan, sehingga kecintaan terhadap hutan Indonesia semakin tumbuh. Kami berharap gerakan ini terbuka untuk menjadi milik semua dan berkolaborasi dengan gerakan dari organisasi lainnya. Kalau dikerjakan bersama, pasti lebih seru, ya kan?
5Apa tujuan dibentuknya HII?
Hutan Itu Indonesia bertujuan menumbuhkan kecintaan masyarakat Indonesia terhadap hutan Indonesia yang dimiliki dan menjadikan hutan sebagai identitas bangsa Indonesia.
6Di mana lokasi hutan yang menjadi fokus utama HII?
Seluruh hutan di Indonesia menjadi fokus Hutan Itu Indonesia. Baik itu hutan di berbagai pulau di Indonesia, maupun hutan kota yang ada di sekitar masyarakat urban. Mulai dari hutan mangrove sampai dengan hutan hujan tropis.
7Siapa saja orang di balik HII?
Hutan Itu Indonesia berdiri dari mimpi individu-individu dengan bermacam-macam latar belakang yang berkarya untuk kampanye ini dengan sukarela. Kegiatan HII didukung juga oleh individu yang bekerja penuh waktu dan tergabung dalam Tim Harian. Selain itu, ada organisasi-organisasi yang berkomitmen dengan sukarela mendukung yaitu ID COMM, Indonesia Nature Film Society (INFIS), dan Koalisi Pemuda Hijau Indonesia (KOPHI). Kenal lebih dekat siapa kami di sini
8Saya awam tentang hutan, apa bisa belajar lewat HII?
Tentu bisa! Hutan itu Indonesia adalah gerakan yang terbuka bagi siapa saja, termasuk pihak-pihak yang ingin sekali mengenal hutan lebih jauh. Kamu bisa belajar tentang hutan dari informasi yang ada di website dan kanal sosial media Hutan itu Indonesia, atau dengan mengikuti kegiatan kampanye kami.
9Apa sih program yang dijalankan HII?
Banyak! Berbagai kegiatan kampanye sudah kami lakukan berkolaborasi dengan berbagai mitra sejak kami berdiri adalah : Rangkaian kegiatan peluncuran Hutan Itu Indonesia Kompetisi media sosial “Hutan itu …” untuk mendorong kreativitas publik untuk membuat kreasi visual, baik foto, infografik, dan video Kegiatan ‘Youth-for-Youth’ Campaign yang memancing minat dan kreativitas mahasiswa dari beberapa kota di Indonesia untuk membuat kampanye #HutanItuIndonesia di wilayah mereka masing-masing Fun run #KuLarikeHutan untuk kampanye perlindungan hutan dengan cara mengadopsi pohon #JamuanHutan untuk mengenalkan kepada masyarakat luas apa saja bahan-bahan makanan yang asalnya dari hutan #KelasSukaHutan, kelas pelatihan sukarelawan yang membekali pengetahuan tentang hutan Indonesia sekaligus membekali meningkatkan kapasitas diri sukarelawan #MusikaForesta, konser untuk merayakan Hari Hutan Indonesia Cek selengkapnya program-program Hutan Itu Indonesia di sini
10Kenapa saya harus bergabung dengan HII?
Hutan Itu Indonesia merupakan gerakan terbuka yang dijalankan dengan semangat kolaborasi. Tak hanya dapat berpartisipasi di berbagai program seru dan kreatif yang HII adakan, kamu juga bisa mengembangkan diri dengan pelatihan yang HII adakan. Dijamin seru! Pelajari lebih lengkap tentang nilai yang kami yakini di sini
11Kalau mau bergabung dengan HII, bagaimana caranya?
Isi form sukarelawan di sini
12Kalau mau kenal HII lebih dekat, bagaimana caranya?
Yuk, datang ke #HoreHutan yang kami adakan rutin sebagai ajang kumpul mitra, sukarelawan, dan simpatisan HII. Kamu juga bisa berlangganan newsletter atau ikuti kami, Instagram, Twitter, Facebook, Youtube
13Saya mau ikut jadi bagian dari HII tapi ada di luar Jabodetabek, bagaimana dong?
Tak hanya berkegiatan di Jabodetabek, Hutan Itu Indonesia juga berkegiatan bersama organisasi pemuda di kota lain. Kamu dapat bergabung bersama Youth4Youth Ambon, Youth4Youth Medan, Youth4Youth Palangka Raya, dan Youth4Youth Surabaya. Untuk kota lain juga dapat berpartisipasi bersama HII dengan cara turut mengkampanyekan pesan positif tentang hutan Indonesia.
14Saya punya ide untuk kampanye positif tentang hutan dan mau kolaborasi. Bisa hubungi ke mana?
Silahkan kontak kami di sini atau kirim email ke [email protected]
15Saya masih sekolah, apa bisa bergabung bersama HII?
Hutan Itu Indonesia adalah gerakan terbuka bagi siapapun, terutama kalangan muda seperti kamu.
16Apa sih yang didapat kalau jadi sukarelawan HII?
Selain menambah pengalaman dan teman saat mengikuti kegiatan-kegiatan seru Hutan Itu Indonesia, kamu juga berkesempatan untuk meningkatkan kapasitas diri dengan cara ikut pelatihan yang HII adakan.
17Saya mau punya t-shirt HII, bagaimana caranya?
Ikut kegiatan-kegiatan seru yang Hutan Itu Indonesia adakan atau beli merchandise Hutan Itu Indonesia tees.co.id