Musika Foresta On The Go Medan: Suara Alam Hutan Indonesia

Musika Foresta On The Go Surabaya: Harmoni untuk Hutan Indonesia
December 14, 2017

Musika Foresta On The Go Medan: Suara Alam Hutan Indonesia

Medan, 17 November 2017 – Lebih dari 100 orang menghadiri Musika Foresta On The Go Medan yang diselenggarakan di Grand Impression Hotel, Medan. Ini merupakan program lanjutan Konser Musika Foresta dalam rangka Hari Hutan Indonesia yang diselenggarakan di Jakarta pada Mei 2017 lalu oleh Hutan itu Indonesia. Musika Foresta On The Go ini diselenggarakan oleh perwakilan anak-anak muda Medan yang dipertemukan melalui program Hutan itu Indonesia yaitu Youth4Youth Medan.

Musika Foresta On The Go Medan ini mengusung tema “Suara Alam Hutan Indonesia” yang disajikan dalam bentuk pertunjukan seni dan diskusi interaktif terkait kekayaan Hutan Indonesia. Melanie Subono, salah satu musisi Musika Foresta menjadi salah satu pengisi acara dan narasumber dan diskusi interaktif. Perwakilan komunitas-komunitas di Medan ini juga dihibur oleh penampilan cabaret dari UKM Teater LKK UNIMED dan penampilan musik dari Kugitari UNIMED.

Acara ini dibuka oleh Gerakan Hutan Itu Indonesia yang menceritakan tentang kekayaan hutan Indonesia dan hal-hal yang bisa dilakukan oleh anak muda untuk berkontribusi terhadap hutan. Oke Fifi Abriany dari Gerakan Hutan itu Indonesia menyampaikan “Dengan ikut kegiatan hari ini berarti kalian sudah mulai tergerak untuk mengenal lebih dalam hutan Sumatera Utara dan Indonesia – dari sini semoga kalian bisa punya inisiatif sendiri untuk mendorong perlindungan hutan, kami tentunya siap untuk berkolaborasi dan dukung karya anak Medan untuk hutan Indonesia,” ucap Fifi.

Peserta kemudian diajak turut mengunjungi beberapa hutan di Indonesia melalui tayangan web series perjalanan musisi #MusikaForesta episode Astrid saat mengadopsi pohon di Hutan Nagari Sungai Buluh, Sumatera Barat dan Achi saat merayu pohon kemenyan di Hutan Kemenyan, Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Dalam sesi diskusi, Yusran Efendi Ritonga dari Biota Sumut menambahkan bahwa Sumatera Utara sesungguhnya memiliki keanekaragaman hayati yang amat tinggi. “Saya bangga menjadi warga Sumatera Utara yang kaya dengan berbagai spesies dari anggrek sampai orangutan. Baru baru ini kita bahkan punya spesies orangutan baru yang dinamakan sesuai daerah Tapanuli – Pongo Tapanuliensis,” ungkap Yusran. “Sayangnya masih sedikit anak muda, apalagi di kota yang sadar dengan kekayaan ini. Saya mengajak semua anak Medan untuk kembali mengenal hutannya dan lebih penting lagi turut menyebarkan cerita supaya lebih banyak orang yang mendukung perlindungan hutan khususnya di Sumatera Utara.”

Melanie Subono juga menyampaikan dengan lugas “Hutan Indonesia itu harta yang seringkali kurang dihargai oleh orang Indonesia sendiri. Indonesia itu negara berkembang yang harus membangun – tetapi penting sekali memastikan bahwa pembangunan ini dilakukan dengan cara benar”. “Sekali kita kehilangan hutan kita – akan sulit sekali untuk menggantinya, karena hutan Indonesia itu bukan sekadar kumpulan pohon tapi cerminan kekayaan budaya dan keseimbangan alam,” tutup Melanie.

Para peserta pun kemudian terhanyut dengan penampilan Melanie Subono yang membawakan beberapa lagu yang berkisah tentang Indonesia. Lagu ‘Indonesia Pusaka’ dan ‘Rumah Kita Sendiri’ menutup rangkaian acara Musika Foresta On The Go Medan ini dengan hangat. Melalui acara ini, harapannya akan menjadi titik lanjut untuk semakin menyebarkan kampanye positif tentang hutan di Medan. Ketua Panitia Musika Foresta On The Go Medan, Chairullah Alawy menyampaikan, “Kami bersyukur karena acara berjalan dengan lancar dan ternyata banyak anak muda Medan yang peduli dengan hutan. Terlihat dari ramainya peserta yang ikut kegiatan ini dan mereka sangat antusias untuk bergabung dengan gerakan Hutan itu Indonesia melalui Youth4Youth Medan. Setelah ini, ke depannya kami akan berkolaborasi bersama anak muda Medan dari berbagai komunitas untuk merencanakan kegiatan yang mendukung kampanye positif hutan, tentunya melalui kemasan yang menyenangkan,” tutup Alawy.

Tentang Youth4YouthMedan dan Gerakan Hutan Itu Indonesia

Youth4YouthMedan merupakan program perluasan kampanye Hutan Itu Indonesia di beberapa kota di Indonesia. Hutan itu Indonesia merupakan gerakan terbuka yang percaya akan kekuatan pesan-pesan positif untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya hutan untuk kita semua dan bagaimana kita bisa berkontribusi untuk melindungi hutan Indonesia

Kontak Media: Aisyah di 0852-7533-3992 dan [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *