Maknai Hari Bumi, “Hutan Itu Indonesia” diluncurkan.

Hutan Itu Indonesia
April 23, 2016
Ketika Para Selebriti Ajak Bersama Peduli Bumi
April 23, 2016

Maknai Hari Bumi, “Hutan Itu Indonesia” diluncurkan.

Sebagian pendukung Gerakan Hutan itu Indonesia berswafoto bersama. Foto: Idoep/Ridhwan Siregar

Secara konkret, publik bisa terlibat dalam menjaga dan melestarikan hutan dengan adopsi pohon dan gerakan bersama menyelamatkan rangkong gading.

JAKARTA, Jaringnews.com – Sekumpulan anak muda yang memiliki kepedulian mendalam terhadap hutan Indonesia memaknai Hari Bumi yang jatuh pada Jumat (22/4) dengan meluncurkan gerakan bertajuk “Hutan Itu Indonesia” di FX Mal Jakarta tadi malam. Gerakan ini hadir kampanye yang mengundang masyarakat untuk mendekatkan dan menumbuhkan kecintaan pada hutan dengan melakukan aksi nyata.

Koordinator Gerakan Hutan Itu Indonesia, Leony Aurora menjelaskan hutan Indonesia merupakan hutan tropis terbesar ketiga di dunia. Pemanfaatkan hutan yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan hutan dan dampak ekonomi yang muncul hanyalah sebagian kecil dari dampak negatif.

“Kita sering tidak menyadari nilai, fungsi, dan manfaat hutan bagi kehidupan sehari-hari, karena lokasinya jauh dari pusat aktivitas kita,” keluhnya.

Ia pun menjelaskan selain kaya akan berbagai flora dan fauna, hutan berperan penting bagi penyokong kehidupan manusia. Hutan merupakan sumber air sekaligus tempat penyerapan air terbesar yang dapat mencegah banjir, erosi tanah dan tanah longsor.
“Hutan juga merupakan penghasil oksigen terbesar dan penyimpan karbon yang berguna bagi kelangsungan hidup alam semesta. Sayangnya, semua manfaat tersebut sering tidak disadari oleh masyarakat, dan masih banyak hal yang perlu kita lakukan untuk menjaga kelestarian hutan Indonesia,” tandasnya.

Acara dimeriahkan dengan pemutaran film pendek tentang hutan Indonesia, musik (Astrid, Float, Melanie Subono dan The Weekend Rockstars), pembacaan puisi dan talkshow dengan narasumber perwakilan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, WWF Indonesia, Green Indonesia, Lawalata IPB, #FamilyGoestoNationalPark.

Secara konkret, publik bisa terlibat dalam menjaga dan melestarikan hutan dengan adopsi pohon dan gerakan bersama menyelamatkan rangkong gading.

Artikel asli dapat dibaca di jaringnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *