Hutan Itu Indonesia

Peringati Hari Bumi dengan kampanyekan “Hutan Itu Indonesia”
April 22, 2016
Maknai Hari Bumi, “Hutan Itu Indonesia” diluncurkan.
April 23, 2016

Hutan Itu Indonesia

Ketenangan berbalut keindahan di sisi sungai utik, Putussibau, Kalimantan Barat. Foto: INFIS/Nanang Sujana

KRIMINALITAS.COM, Jakarta – Masih sangat banyak permasalahan terkait hutan yang membutuhkan perhatian masyarakat. Memperingati Hari Bumi, sekelompok anak muda dari berbagai latar belakang inisiatif meluncurkan gerakan Hutan Itu Indonesia.

Gerakan tersebut hadir sebagai kampanye yang mengundang masyarakat untuk lebih dekat kepada hutan dan tetap menjaganya. Dalam peluncurannya hari ini, Hutan Itu Indonesia menggandeng beberapa figur publik dan organisasi lingkungan hidup, seperti Astrid, Melanie Subono, Green Indonesia, dan lain-lain.

Leony Aurora, penggiat lingkungan serta salah satu penggagas Hutan Itu Indonesia, mengingatkan bahwa pemanfaatan hutan yang berlebihan dapat menyebabkan rusaknya hutan dan dampak ekonomi yang muncul hanya sebagian dari dampak negatif yang akan kita rasakan.

“Kita sering tidak menyadari nilai, fungsi dan manfaat hutan bagi kehidupan kita. Padahal, hutan itu menghidupi bukan saja yang di sekitarnya, tapi juga semua masyarakat Indonesia,” kata Leony, Jumat (22/4) di Fx saat peluncuran gerakan Hutan Itu Indonesia.

Leony menambahkan bahwa kampanye ini mengandalkan kekuatan kolaborasi dengan banyak inisiatif yang dibangun melalui pesan positif. Tujuannya adalah untuk menciptakan rasa kepemilikan serta keterikatan terhadap hutan di Indonesia.

Peluncuran gerakan Hutan Itu Indonesia diharapkan agar publik mendapatkan informasi yang aplikatif tentang bagaimana mereka dapat turut menjaga dan berkontribusi pada penghijauan Indonesia melalui produk hutan.

Artikel asli dipublikasi di kriminalitas.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *