Hutan Itu Indonesia Tumbuhkan Rasa Cinta Terhadap Hutan

Ketika Para Selebriti Ajak Bersama Peduli Bumi
April 23, 2016
Peluncuran Gerakan “Hutan Itu Indonesia”: Titik Terang di Hari Bumi Untuk Indonesia
April 23, 2016

Hutan Itu Indonesia Tumbuhkan Rasa Cinta Terhadap Hutan

Pendukung Gerakan Hutan Itu Indonesia berfoto di acara peluncuran Hutan Itu Indonesia, 22 April 2016. Foto: Idoep/Ridhwan Siregar

Indonesia merupakan negara tropis dengan luas hutan tropis dan keanekaragaman hayati terbesar kedua di dunia setelah Brazil, Namun sayangnya sekitar 34% hutan Indonesia sudah rusak parah atau bahkan hilang akibat sikap rakus manusia, Pembalakan liar kebutuhan akan kayu dan ekspansi industri perkebunan menjadi penyebabnya.

Indonesia pun pernah menjadi peringkat nomor satu di dunia untuk laju deforestasi dan kerusakan hutan tercepat, yang tercatat di World Guinness Book of Records. Sebagai dampaknya berbagai musibah dan bencana alam silih berganti menghampiri masyarakat Indonesia.

Seperti Bencana kabut asap akibat kebakaran Hutan dan Lahan yang melanda Sumatera dan Kalimantan di pertengahan tahun 2015, Sehingga Indonesia dijuluki negara pengekspor asap oleh negara tetangga kita.

Prihatin akan kondisi Hutan di Indonesia yang terus terancam dan luasannya semakin berkurang, beberapa aktifis dan anggota masyarakat yang peduli kemarin tanggal 22 April 2016 bertepatan dengan Hari Bumi melaunching Gerakan Moral Cinta Hutan.

Gerakan Moral ini dinamakan “Hutan Itu Indonesia”, Ditemui di sela peluncuran gerakan Hutan Itu Indonesia di kawasan Senayan Jakarta, Leony Aurora, penggiat lingkungan dan salah satu penggagas Hutan Itu Indonesia kembali mengingatkan bahwa pemanfaatan hutan yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan hutan dan dampak ekonomi yang muncul hanyalah sebagian kecil dari dampak negatif yang akan kita rasakan (22/04).

“Kita sering tidak menyadari nilai, fungsi, dan manfaat hutan bagi kehidupan sehari-hari, karena lokasinya jauh dari pusat aktivitas kita. Padahal, hutan itu menghidupi bukan saja masyarakat yang tinggal di sekitarnya, tapi semua orang Indonesia dari berbagai produk hutan, baik kayu maupun non-kayu,” jelas Leony Aurora.

Leony juga menambahkan “Kampanye ini mengandalkan kekuatan kolaborasi dengan banyak inisiatif serupa lainnya yang dibangun melalui pesan-pesan positif. Tujuannya adalah untuk menciptakan rasa kepemilikan serta keterikatan terhadap hutan Indonesia sehingga menjadi bagian penting dalam gaya hidup.”

Dalam acara Peluncuran Gerakan “Hutan Itu Indonesia”, Dilaksanakan juga beberapa kegiatan pendukung seperti lokakarya penulisan cerita bertema “Protecting the Earth by Sharing Your Story” dan kompetisi foto kampanye di media sosial bertajuk “Hutan itu …”.

Gerakan moral ““Hutan Itu Indonesia” sendiri di dukung oleh beberapa lembaga seperti UNDP, fX Sudirman, KompasTV, Idoep, Coca-Cola Amatil Indonesia, Kinanthi, iRadio, Cosmopolitan FM, MyBabyTree dari WWF-Indonesia, dan GreenIndonesia.

Jika kamu tertarik dan ingin bergabung bersama gerakan moral ini silakan akses di website resminya di sini www.hutanitu.id, atau follow akun sosmednya Twitter : @hutanituID, Instagram : @hutanituindonesia.

Artikel asli dapat dibaca di sumseltimes.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *